Idul Adha, Harga Bawang Merah di Empat Lawang Naik 25 Persen, Emak-emak Menjerit..

Idul Adha, Harga Bawang Merah di Empat Lawang Naik 25 Persen, Emak-emak Menjerit..

Harga bawang merah di Empat Lawang jelang Idul Adha naik 25 persen.-padri/palpos.id-

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID - Harga bawang di pasaran kini mengalami kenaikan drastis menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

Masyarakat terutama emak-emak mengeluhkan dampak dari lonjakan harga tersebut yang berpotensi mempengaruhi biaya persiapan Lebaran.

Harga bawang merah dan bawang putih telah mengalami kenaikan sejak beberapa minggu terakhir. 

BACA JUGA:Waduh, TPP PNS Empat Lawang 5 Bulan Belum Dibayar, Kepala BPKAD Bilang Begini...

Terpantau harga bawang merah naik sebesar 25 persen dari harga normal Rp 25.000 dari agen menjadi Rp 35.000, sedangkan harga bawang putih melonjak sekitar 15 persen dari Rp 23.000 menjadi Rp 28.000.

Kenaikan harga ini membuat beberapa ibu rumah tangga merasa terbebani karena bawang merupakan bahan pokok yang tidak dapat dihindari dalam masakan sehari-hari, terutama pada saat perayaan Lebaran.

"Ya tadi saya mau beli tapi harga nya naik perkilogramnya, jadi beli setengah kilo, karena harganya naik cukup tinggi", ungkap Rati salah satu pembeli.

BACA JUGA:Mulai 1 Juli Semua OPD Muba Wajib e Office

Sementara, para pedagang di pasar tradisional pasar pulo mas Tebing Tinggi mengungkapkan bahwa, kenaikan harga bawang ini disebabkan oleh berbagai faktor. 

Salah satunya adalah pasokan yang terbatas akibat cuaca buruk di daerah penghasil bawang menghambat proses panen dan distribusi bawang, juga berdampak pada kenaikan harga bawang di pasaran.

"Agen yang biasa memberi kami stok bawang, mengatakan selain menjelang lebaran kenaikan harga bawang juga karena sering hujan, bawang banyak membusuk saat dipanen", kata Heni pedagang bawang, Selasa, 20 Juni 2023. *.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: