Jumlah DPT di OKU Capai 269.910 Pemilih

Jumlah DPT di OKU Capai 269.910 Pemilih

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya saat memimpin rapat pleno penetapan DPT. Eco/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Bumi Sebimbing Sekundang mencapai 269.910 mata pilih dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

Penetapan DPT pemilu 2024 tersebut diputuskan dalam rapat pleno terbuka dalam pembahasan Rekapitulasi Daftar Pemilihan Sementara (DPS), Selasa (20/6) di ruang Aula Hotel Sekar Senja Sukaraya Baturaja Timur.

"Ya, penepatan DPT nya berlangsung kemarin," tegas Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (21/6).

Selain menetapkan DPT sejumlah 269.910 mata pilih kata Naning, pihaknya juga menetapkan total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan dan 157 desa/kelurahan yakni sebanyak 1.225 TPS.

Naning mengatakan, dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebelumnya telah dilakukan secara kolaborasi bersama Bawaslu baik tingkat desa/kelurahan, kemudian tingkat kecamatan. Tentunya untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas, terlebih pada Pemilu 2024 ada dua agenda pesta demokrasi yakni Pemilu dan Pilpres. “Ini sangat penting, untuk mewujudkan pemilu berkualitas, tentunya harus didukung dengan data pemilih yang berkualitas pula,” ungkap dia.

Melalui rapat pleno kali ini telah disepakati bersama dengan seluruh PPK Kecamatan se-Kabupaten OKU berkaitan dengan hasil Rekapitulasi dan Penetapan DPT. “Mudah-mudahan dengan ditetapkannya DPT pemilu 2024 ini, maka akan terwujud pemilu yang berkualitas,” tegasnya.

Sementara Komisioner Bawaslu OKU, Yeyen Anrizal menambahkan, berdasarkan penetapan DPT yang dilakukan KPU OKU ternyata terdapat 4.261 pemilih pemula di OKU yang belum memiliki KTP elektronik atau KTP-el.

Untuk itu Yeyen berharap KPU OKU dapat segera berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memastikan memfasilitasi penerbitan KTP-el bagi pemilih pemula. "Hal ini sangat penting agar pada hari pemungutan suara Pemilu 2024 seluruh pemilih pemula telah memiliki KTP-el,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: