Waspada Rabies, Palembang Targetkan Bebas Rabies 2024 Anjing Dipasang Microchip Khusus

Waspada Rabies, Palembang Targetkan Bebas Rabies 2024 Anjing Dipasang Microchip Khusus

Virus rabies yang berbahaya jika tertular ke manusia.--pixabay.com

PALEMBANG, PALPOS.ID- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota PALEMBANG saat ini masih gencar melakukan gerakan 3 in 1 dalam memberantas penyakit rabies.

Bahkan, ditargetkan tahun 2024 Palembang sudah bebas dari penyakit rabies.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Dr Novayanti SP Msi mengatakan, pihaknya aktif melakukan metode 3 in 1 sejak tahun 2021 lalu, untuk memberantas rabies.

BACA JUGA:Mirip Alphard, Mini Mobil ini Bisa jadi Kantor Berjalan

Metode 3 in 1 ini terdiri dari pendataan dengan membuat kartu identitas hewan (HPR), kemudian pemasangan microchip khusus untuk anjing serta pemberian vaksin rabies ke HPR.

“Untuk pemberian vaksin ini kita lakukan terus, bahkan kita sampai jemput bola ya. Vaksin ini diberikan kepada hewan penular rabies seperti anjing, kucing dan monyet. Tapi, memang paling dominan anjing,” jelasnya.

Selain itu, sambung Novayanti, pihaknya juga rutin memberikan booster vaksin kepada anjing-anjing. “Kita juga melakukan pengiriman sampel darah ke Balai Veteriner di Lampung,” jelasnya.

BACA JUGA:Antisipasi Lakalantas dan Kemacetan saat Libur Panjang, ini yang dilakukan Sat Lantas Muba

Targetnya, sambung Novayanti, tahun 2024 nanti Palembang sudah bebas dari penyakit rabies. “Kita sudah canangkan ini sejak tahun 2021. Dan tahun depan kita harapkan bisa terealisasi Palembang bebas rabies,” ujarnya.

Saat ini, sambung Novayati, pihaknya sudah sampai tahap pengujian (surveilans) yang  difasilitasi oleh Kementerian Pertanian RI melalui UPT Balai Veteriner Lampung.

“Petugas BVet Lampung dan petugas dinas beserta aparat wilayah setempat turun ke rumah warga untuk pengisian kuisioner, booster vaksin rabies dan pengambilan sampel darah guna diperiksa di laboratorium Veteriner Lampung,” jelasnya.

BACA JUGA:Nihil! Begini Antisipasi Dinas TPHP Muba Hindari Penyakit Rabies...

Selain itu, kata Novayanti, pihaknya juga sedang menunggu pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel untuk memediasi agar kabupaten tetangga (Banyuasin, OI dan OKI) mendukung upaya Palembang Bebas Rabies.

“Dalam bentuk pernyataan kesediaan daerah mendukung inisiasi Palembang bebas rabies 2024 dan melaksanakan vaksinasi massal pada daerah perbatasan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: