Ini Dia Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental

Ini Dia Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi musik.--Foto: Pixabay.com

PALEMBANG, PALPOS.ID - Semua orang pasti menyukai musik. Banyak ragam aliran musik yang bisa kita dengarkan. Ternyata mendengarkan musik dapat menjaga kesehatan mental. Musik seperti apa ya yang bisa menjaga kesehatan mental kita?

Selain menghibur, musik juga dapat menjadikan susana hati kita menjadi lebih baik. Musik dapat dijadikan sebagai sumber kesenangan dan kepuasan. 

Musik juga dapat mempengrauhi pikiran dan perasaan serta perilaku. Jika mendengarkan musik rock, suasana hati kita juga ikut bergejolak, seiring irama musik tersebut.

Begitu juga ketika mendengarkan musik berirama sendu, terkadang ikut terbawa perasaan galau. Ternyata musik dapat mempengaruhi suasana hati kita, bahkan juga menginspirasi.

BACA JUGA:9 Tips Menata Ruang Tamu Berukuran Kecil Agar Terlihat Luas

Musik juga dapat menenangkan pikiran, memberikan energi pada tubuh, bahkan membantu mengelola rasa sakit menjadi lebih baik.

Berikut manfaat musik untuk kesehatan mental 

1. Mengurangi stres

Musik ternyata dapat membantu meringankan stres. Terutama musik yang bertujuan untuk meditasi, menenangkan pikiran dan membantu untuk relaksasi.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Apel, Ternyata Bisa Turunkan Diabetes dan Cegah Kanker, Begini Cara Makan Apel yang Sehat..

Mendengarkan musik berdampak pada respons stres manusia, terutama sistem saraf otonom. Orang yang mendengarkan musik bisa pulih lebih cepat setelah mengalami stres.

2. Mengurangi rasa sakit

Musik juga dapat membantu meringankan rasa sakit. Cukup dengan mendengarkan musik selama 1 jam setiap hari bisa mengurangi rasa sakit, bila dibandingkan dengan berusaha mengatasinya dengan cara lain. 

Musik adalah intervensi non-invasif, aman dan murah yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang sedang mengalami rasa sakit, baik medis maupun psikis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc