Baru Pulang Haji, Kesehatan Jemaah Haji Prabumulih Terus Dipantau Dinkes

Baru Pulang Haji, Kesehatan Jemaah Haji Prabumulih Terus Dipantau Dinkes

Seorang jemaah haji Prabumulih saat memeriksakan kesehatan di salah satu faskes yang ada di kota Prabumulih-Foto : Prabu/Palpos-

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Prabumulih masih terus melakukan pemantauan kesehatan terhadap 219 jemaah haji asal Kota Prabumulih, yang baru pulang dari Mekkah Arab Saudi pada hari Sabtu 9 Juli 2023 lalu.

“Kami masih terus melakukan pemantauan terhadap jemaah haji yang baru pulang, pemantauan akan dilakukan selama 14 hari pasca kepulangan dari tanah suci Mekkah Arab Saudi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Hesti Widyaningsih kepada wartawan belum lama ini.

Selama masa pemantauan itu sambung Hesti, bagi jemaah haji yang ada keluhan kesehatan dapat segera melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Kota Prabumulih baik pusksesmas maupun rumah sakit.

BACA JUGA:Polsek Prabumulih “Serbu” Tumpukan Sampah di Sungai Kelekar

“Kalau ada keluhan segera laporkan kepada kami, atau segera periksakan diri ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya,” ungkap dokter alumni Fakultas Kedokteran Unsri ini sembari mengatakan jemaah haji tersebut wajib menunjukan kartu kewaspadaan kesehatan jemaah haji saat memeriksakan kesehatan di faskes.

Jika membutuhkan pelayanan darurat di rumah sambung Hesti, jemaah haji tersebut dapat menghubungi pelayanan kesehatan PSC 119.

“Hubungi PSC 119 jika membutuhkan layanan kesehatan darurat,” tuturnya.

BACA JUGA:DPRD Prabumulih Gelar 3 Paripurna Secara Maraton

Sementara, ketika ditanya apakah ada jemaah haji yang baru pulang tersebut yang menderita sakit Hesti menuturkan berdasarkan laporan ada beberapa jemaah haji yang memeriksakan kesehatan di puskesmas.

“Informasinya ada lima orang yang memeriksakan kesehatan karena batuk-batuk atau flu,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, dari 220 jemaah haji Kota Prabumulih yang diberangkatkan ke tanah suci mekaah 219 diantara telah kembali ke Kota Prabumulih pada Sabtu 9 Juli 2023 lalu sementara satu orang lainnya tertunda kepulangannya karena sakit.

BACA JUGA:Ratusan Karateka Berlaga di O2SN Tingkat SD-SMP se Kota Prabumulih

Kadatangan para jemaah haji tersebut, disambut langsung Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH, di pendopan rumah dinas walikota.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: