Heboh, Jalan di Desa Terusan Diportal Warga

Heboh, Jalan di Desa Terusan Diportal Warga

Inilah salah satu akses jalan di Desa Terusan yang diportal warga. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Heboh, beberapa akses jalan menuju Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), seperti jalan menuju ke jalan lintas Provinsi, serta jalan cor beton Batu Kuning kini diportal warga.

Pantauan dilapangan, Jumat (21/7), aksi portal jalan itu dampaknya dirasakan oleh warga di RT 03, Dusun II Kibang, Desa Terusan.

Menurut informasi di lapangan, jalan yang diportal tersebut sudah hampir 2 bulan. Hal itu diduga sengaja dilakukan oleh salah satu warga yang merasa sebagai pemilik tanah.

Kepala Desa Terusan, Tugino, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa di desanya terdapat pemortalan akses jalan yang dilakukan oleh warganya.

“Ditutupnya salah satu akses jalan keluar masuk puluhan bahkan ratusan warga Dusun Kibang ini membuat pengendara kendaraan roda 4 kesulitan melintas sehingga harus mencari akses jalan lain dari jalan yang selama ini biasa mereka lewati. Hal itu menyebabkan jarak tempuh menjadi lebih panjang dan lama,” ujarnya.

Selain di RT 06 lanjut kades, pemortalan akses jalan ini juga terjadi di jalan poros warga RT 05 dan RT 03. “Untuk portal jalan di wilayah RT 05 dan RT 06 memang masih bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 berukuran kecil, namun untuk di wilayah jalan RT 03 hanya bisa dilalui oleh kendaraan jenis roda 2,” jelas Tugino.

Guna mengatasi masalah ini kata kades, pihaknya sudah melakukan upaya untuk mediasi kepada warga agar permortalan tersebut jangan dilakukan lagi. Mengingat jalan tersebut merupa akses jalan yang banyak dilalui keluar masuknya kendaran.

“Dulu jalan itu merupakan jalan masyarakat, di Tahun 2010 bahwa tanah tersebut sudah memiliki surat keterangan hibah dari masyarakat. Sejauh ini sudah berjalan hampir 13 tahun tidak ada masalah terkait jalan tersebut, ” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: