10 Manfaat Timun Salah Satunya Untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Timun Salah Satunya Untuk Ibu Hamil

Timun-Foto: Maryati-Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/1309/timun">Timun atau mentimun masuk ke dalam golongan sayuran yang mengandung banyak air.

PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/1309/timun">Timun merupakan sayuran yang akrab di meja makan masyarakat Indonesia. Karena PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/1309/timun">Timun biasa disajikan sebagai pelengkap atau lalapan yang bisa dikatakan favorit bagi sebagain orang Indonesia.

Selain itu, PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/1309/timun">Timun juga kerap dijadikan acar dan rujak.  Bahkan belakangan PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/1309/timun">Timun juga dijadikan bahan campuran untuk membuat aneka es.

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, timun juga bisa diolah menjadi campuran beragam makanan dan minuman.

Semua itu tak lepas dari sensasi segar yang diberikan oleh timun, ketika orang mengkonsumsinya.

Timun mengandung berbagai nutrisi diantaranya, serat, air, asam folat, karbohidrat, vitamin C, vitamin K, magnesium, dan  kalium. Timun juga dikenal rendah kalori.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Lontar, Salah Satunya Untuk Hati dan Ginjal

Selain memberikan sensasi rasa segar, mengkonsumai timun juga memberikan banyak manfaat.

Beberapa manfaat timun diantaranya.

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan.

BACA JUGA:14 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda

Kandungan air dan serat yang tinggi di dalam timun, akan membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Dengan begitu sistem pencernaan akan lancar dan bekerja lebih efektif.

Sistem pencernaan yang lancar diyakini dapat meminimalisir terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit ataupun konstipasi.

2. Mengatasi mata panda

Mata panda atau lingkaran hitam pada mata, tentu sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Karena itu orang selalu berusaha menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam dibawa mata.

Mata panda ini bisa disebabkan kurang tidur atau istirahat. Untuk menghilangkan mata panda kamu bisa menggunakan irisan timun.

Caranya ambil irisan timur dan letakan pada kelopak mata. Biarkan 10-15 menit. Biarkan aktivitas anti imflamasi dari zat yang terkandung pada timun bekerja untuk menghilangkan mata panda kamu.

Setelah itu kamu bisa mengucapkan by by mata panda.

3. Mencegah kanker

Kandungan lignin seperti lariciresinol, pinoresinol dan secoisilariciresinol di dalam timun berguna sebagai zat anti kanker.

Dengan rutin mengkonsumsi timun akan menghindarkan kamu dari resiko terkena penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat dan jenis-jenis kanker lainnya.

4. Meningkatkan imun tubuh

Timun mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh bagus maka tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

5. Menjaga kesehatan darah

Kandungan sterol dalam timun berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Selain itu, kandungan magnesium, serat dan kalium pada timun juga sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tinggi ataupun darah rendah.

6. Mengatasi Diabetes

Kandungan hormone dapat menjaga produksi insulin pada sel penkreas. Sehingga timun juga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi diabetes.

7. Menghilangkan bau mulut

Persoalan bau mulut bisa terjadi pada siapapun. Untuk mengatasi bau mulut kamu  bisa mengkonsumsi timun. Karena timun mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

8. Mendukung perkembangan otak janin

Timun ternyata juga ternyata bermanfaat untuk ibu hamil dalam mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan. Karena timun memiliki zat omega-3.

Selain itu, timun mengandung senyawa yang akan membuat bagian bibir rahim lebih elastis pada waktu persalinan.

 9. Mencegah dehidrasi

Kebutuhan air akan tubuh setiap orang rata-rata berkisar antara 7-8 gelas  atau 1,5 liter perhari. Kamu bisa membuat potongan timun sebagai air infused water.

Dengan begitu air yang kamu minum akan lebih segar dan bernutrisi. Sehingga kami bisa mencegah terjadi hidrasi pada tubuh.

10. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan pada timun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan tanin, dapat mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang merusak sel tubuh.

Senyawa-senyawa tersebut juga berperan penting dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan penyakit Alzheimer.

Nah itulah 10 manfaat mengkonsumsi timun. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke yang lain agar lebih banyak orang tahu akan manfaat timun. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: