Antisipasi Karhutla Himbauan Tidak Bakar Lahan

Antisipasi Karhutla Himbauan Tidak Bakar Lahan

Dalam Operasi Bina Karuna Musi 2023, Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran melaksanakan himbauan karhutla (kebakaran hutan dan lahan), Senin (24/7)-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Dalam Operasi Bina Karuna Musi 2023, Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran melaksanakan himbauan karhutla (kebakaran hutan dan lahan), Senin (24/7).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH SIK MH melalui Kasat Binmas Polres Muara Enim AKP Ferry Ferdianto SE, mengatakan bahwa tujuan Operasi Bina Karuna Musi 2023 ini adalah untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla serta mendorong partisipasi aktif dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Dikatakan Ferry, dalam rangka Operasi Bina Karuna Musi 2023, Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran menggunakan beberapa strategi seperti membagikan brosur kepada masyarakat secara luas.

BACA JUGA:Tingkatkan Kompetensi Perawat Muara Enim Melalui Diklat

Brosur ini berisi informasi tentang bahaya karhutla, cara pencegahan, tindakan saat terjadi kebakaran, dan pentingnya peran semua pihak dalam melawan karhutla. dengan cara ini, diharapkan pesan yang disampaikan dapat tersebar lebih cepat dan efektif.

Pemasangan Spanduk yang berisi pesan-pesan tentang pencegahan karhutla di lokasi strategis, seperti di pinggir jalan, kawasan hutan, pemukiman, atau tempat umum lainnya.

Spanduk ini berfungsi untuk memberikan pengingat kepada masyarakat tentang bahaya karhutla secara konstan dan berkesinambungan.

BACA JUGA:FSBBM Dukung Penolakan KRIS JKN

Sedangkan  untuk Kampanye Sosial Media. Selain strategi offline, Polres dan Polsek juga memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang Operasi Bina Karuna Musi 2023.

Dengan menggunakan platform media sosial, pesan-pesan tersebut dapat mencapai lebih banyak orang, terutama generasi muda yang aktif di platform tersebut.

Kemudian, dilakukan juga sosialisasi dengan melakukan pertemuan dengan masyarakat untuk secara langsung berbicara tentang pentingnya pencegahan karhutla.

BACA JUGA:Pengembangan Kasus Penjualan Aset Pemda

Dalam pertemuan ini, masyarakat dapat berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman terkait upaya pencegahan karhutla di wilayah mereka.

Diharapkan Operasi Bina Karuna Musi 2023 dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan, mencegah kebakaran hutan dan lahan, serta melindungi keanekaragaman hayati dan sumber daya alam di wilayah Muara Enim dan sekitarnya," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: