15 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

15 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Daun Sirih-Foto: Jepretan Layar-Grid.id

PALEMBANG,PALPOS.ID - Daun sirih sudah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai obat herbal, Daun sirih juga memiliki beberapa jenis, seperti sirih hijau, merah juga hitam.

Daun sirih merah memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, karena mengandung lavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat serta minyak atsiri.

Daun sirih juga dikenal memiliki sifat antiseptik, anti inflamasi dan pendingin kulit. Sehingga sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit. 

Manfaat daun sirih merah tak hanya untuk kulit. Daun sirih merah juga dapat mengobati banyak penyakit seperti asam urat bahkan pneumonia.

Untuk mendapatkan khasiat daun sirih merah, dapat merebus dan menggunakan air rebusanya untuk diminum atau dibasuhkan ke kulit. 

BACA JUGA:Gerakan Nasional Untuk Negeri, Isi Kemerdekaan LDII Laksanakan Kerja Bakti

Manfaat rebusan daun sirih merah:

1. Mengobati tumor ringan

Kandungan antioksidan, flavonoid dan terpenoid yang terdapat dalam daun sirih mampu mengatasi tumor ringan yang ada di dalam tubuh.

Dengan kekebalan tubuh yang meningkat, sel darah putih akan menghancurkan zat karsinogenik pemicu tumor. 

2. Mengobati asam urat

Mengkonsumsi rebusan daun sirih merah secara teratur dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat yang ada di dalam tubuh. 

Caranya, cuci dan rebus 8 lembar daun sirih merah dengan 500 ml air. Tuang rebusan air jadi 3 gelas, minum 1 gelas 3 kali sehari. 

BACA JUGA:Ajang Inovasi Pusri Berpotensi Hasilkan Penghematan hingga Rp 1 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: