Disdik OKU Gelar Bimtek ANBK Jenjang SD

Disdik OKU Gelar Bimtek ANBK Jenjang SD

Ketua Panitia Pelaksana Bimtek ANBK, Hendri Wijaya SAg MSi saat menjelaskan materi kepada para peserta. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Selasa (8/8) bertempat di Gedung SKB Baturaja, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKU melalui Bidang Pembinaan SD, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang Sekolah Dasar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, Drs H Topan Indra Fauzi MM MPd diwakili Oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, Subri SPd MSi MPd, menjelaskan, bahwa Bimtek ANBK jenjang SD, sebagai wahana memperluas wawasan keilmuan juga sebagai bentuk persiapan pelaksanaan ANBK khususnya di Sekolah Dasar.

“Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk jenjang SD secara serentak se Indonesia akan diselenggarakan pada 8 Agustus 2023. Dengan Bimtek ini juga sebagai persiapan kita untuk melaksanakan ANBK,” ucap Subri.

Ketua Panitia Pelaksana Bimtek ANBK jenjang SD, Hendri Wijaya SAg MSi, menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang Asesmen Nasional. Diantaranya hasil Asesmen Nasional 2023 tidak digunakan untuk menilai prestasi peserta didik atau pun kinerja guru dan sekolah.

“Laporan hasil Asesmen Nasional 2023 diberikan kepada guru dan sekolah sebagai alat untuk melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran. Murid, orang tua, guru dan sekolah tidak perlu cemas dan tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk menghadapi Asesmen Nasional,” terang Hendri.

Bimtek ini, lanjut Hendri, dalam upaya peningkatan kapasitas operator sekolah dalam pelaksanaan ANBK.

“Kita berharap bimbingan ini menjadikan operator yang lebih berkualitas dan dapat mengimbaskan keterampilannya ke sekolah,” jelasnya.

Untuk diketahui, peserta adalah utusan dari Operator Sekolah dari SD Sekabupaten OKU, sebanyak 206 Sekolah. Kegiatan dilaksanakan dua angkatan yaitu Angkatan 1 ada 100 operator Sekolah dan Angkatan 2 ada 106 Sekolah.

Pelaksanaan selama 2 hari yaitu 8 – 9 Agustus 2023. Sedangkan Materi Bimtek BIO AN, Web ANBK, Sulingjar, AKM, Rapor Pendidikan dan PBD. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: