Peluncuran Arkas 4, Begini Tanggapan Wali Murid di Kota Lubuklinggau

Peluncuran Arkas 4, Begini Tanggapan Wali Murid di Kota Lubuklinggau

Eko Apriliandi--

LUBUKLINGGAU.PALPOS.ID - Peluncuran Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah versi empat (ARKAS 4) oleh  Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pada7 Agustus 2023, menuai tanggapan beragam dari berbagai kalangan tanpa terkecuali orang tua atau wali murid.

Terlebih belakangan ini tidak sedikit terungkap kasus penyelewengan dana Biaya Operasional Sekolah atau lebih dikenal dana BOS.

Seperti yang diungkapkan Eko Apriliandi (35), seorang wali murid asal Kota Lubuklinggau. "Miris bila melihat banyak kasus penyelewengan dana BOS," ujarnya.

BACA JUGA:Polres Turunkan Tim untuk Pengamanan Kejuaraan Offroad Racing Adventure Dandim 0406 Lubuklinggau

Karena hal itu menunjukan betapa kotornya dunia pendidikan Indonesia. "Bagaimana pendidikan mau maju kalau dana BOS saja di korupsi," ujarnya.

Diluncurkannya aplikasi ARKAS oleh Mendikbudristek diharapkan dapat menekan tindak pidana korupsi dana BOS. "Ya kita hanya berharap dengan aplikasi tersebut bisa lebih transparan dan pengawasasannya bisa lebih ketat lagi," kata Eko.

Meski dia sendiri masih belum yakin dengan aplikasi tersebut dana BOS aman dari tindakan penjahat berdasi.

BACA JUGA:Cegah Curanmor, Ini Tips dari Kapolres

"Tapi apapun itu asalkan untuk kebaikan dunia pendidikan kita dukung dan kita akan lihat hasilnya seperti apa, semoga sesuai dengan harapan," ujarnya.

Seperti yang telah dilansir platform media online ARKAS 4 adalah sistem yang memanfaatkan teknologi yakni sistem informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, implementasi dan penatausahaan, serta pertanggungjawaban dana BOS di satuan pendidikan dasar maupun menengah secara nasional.

Diluncurkannya ARKAS 4 ini bertujuan untuk tranpransi pengelolaan dana BOS masing-masing sekolah dan aplikasi ini langsung terhubung dengan Dinas Pendidikan baik provinsi kabupaten dan kota sehingga diharapkan proses perencanaan kegiatan sekolah rekapitulasi data dan pertanggungjawaban pemanfaatan anggaran pada setiap institusi pendidikan dapat dipantau dan diawasi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: