Sirkuit Baru, Persentase Kelulusan Uji Praktek SIM di Prabumulih Meningkat

Sirkuit Baru, Persentase Kelulusan Uji Praktek SIM di Prabumulih Meningkat

Sirkuit Baru, Persentase Kelulusan Uji Praktek SIM di Prabumulih Meningkat--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Sejak beberapa minggu terakhir jumlah pemohon pembuatan SIM C (SIM bagi pengemudi motor) di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prabumulih, mengalami peningkatan.

Kasat Lantas Polres Prabumulih, AKP Muthemainah SH melalui Kanit Regident Iptu A Eki TA mengatakan peningkatan terjadi sejak Satlantas Polres Prabumulih menerapkan sirkuit baru uji praket SIM dimana tidak ada lagi sirkuit berupa angka 8.

“Saat ini masyarakat sangat antusias, karena mudahnya sirkuit yang terbaru sesuai dengan petunjuk dari Korlantas Polri,” ungkap Iptu A Eki TA ketika diwawancarai usai mengawasi pelaksanaan uji praktek SIM C di Satlantas Polres Prabumulih, Seninj (14/8).

BACA JUGA:Resmikan SPBU Padat Karya, Walikota Prabumulih Minta 100 Persen Tenaga Kerja Lokal

Dikatakannya, peserta tes SIM tersebut bukan hanya yang baru pertama kali mengajukan permohonan pembuatan SIM saja tapi juga banyak yang sudah pernah ikut tes namun gagal.

“Minggu-minggu ini banyak masyarakat yang antusias dalam permohonan pembuatan SIM, peningkatannya kurang lebih 10 persen. Pemohon itu ada yang baru ada juga yang sudah pernah ikut tes namun gagal,” ujar pria yang pernah bertugas di Polres OKU Timur ini.

Masih kata Iptu A Eki TA, persentase peserta yang lulus dalam uji praktek pembuatan SIM tersebut saat ini jauh meningkat jika dibandingkan pada saat masih menggunakan sirkuit yang lama. 

BACA JUGA:Karnaval HUT RI ke 78 Jalan Jendral Sudirman Prabumulih Tutup Total pada 22 Agustus

“Terjadi peningkatan (persentase kelulusan uji praktek), lebih banyak yang lulus karena sirkuitnya lebih bagus dan lebih mudah sesuai dengan
harapan masyarakat,” tuturnya.

Namun meskipun dinilai lebih mudah kata Eki, masih saja ada peserta uji praktek SIM C yang gagal saat mengikuti ujian praktek tersebut.

“Masih ada yang gagal dari 10 peserta masih ada yang gagal, karena masih baru dan belum berlatih dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA:Memenuhi Syarat, 2 Parpol Tidak Ajukan Pencermatan DCS

Lebih lanjut Eki mengimbau kepada masyarakat yang ingin berlatih tes praktek SIM, dapat mengikuti program SILIDI di Satlantas Polres Prabumulih yang dilaksanakan pada hari Sabtu.

“Jadi yang gagal mengikuti ujian praktek, dapat belajar pada hari Sabtu baik untuk pemohon yang baru maupun gagal. Pelatihannya gratis,” tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: