Membangun Mahasiswa Anti Terorisme dan Narkotika melalui Moderasi Beragama

Membangun Mahasiswa Anti Terorisme dan Narkotika melalui Moderasi Beragama

Acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Adhigana tahun 2023 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN RF-Foto: Ist-

PALEMBANG, PALPOS.ID -  Melalui Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Adhigana tahun 2023, diharapkan mampu memberikan pemahaman secara tetang benderang dan inten terkait bahaya laten narkoba serta tindakaan terorisme terutama bagi para mahasiswa baru di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang.

Kegaitan yang mengusung tema 'Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Mahasiswa yang Anti Terorisme dan Narkotika' itu berlangsung di Ruang Seminar Lantai 4 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang pada Rabu, 16 Agustus 2023. 

Kegiatan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi beserta jajaran Civitas Akademika serta Mahasiswa Baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini berhasil menarik antusiasme sekitar 500 Mahasiswa Baru.

BACA JUGA:Bendera Merah Putih Berkibar di Rumdin Pj Bupati Apriyadi

"Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Achmad Syarifudin, S.Ag., MA, yang memberikan pengantar tentang pentingnya moderasi beragama dalam menghadapi tantangan terorisme dan narkotika," ungkap Salah satu Dosen FDK UIN RF, Randicha Ramandia. Kamis, 17 Agustus 2023.

Salah satu poin utama dalam kegiatan ini, katanya adalah pemaparan materi oleh narasumber terkemuka yakni Yawardiman, S.Ag., M.H., selaku Pamen Ditresnarkoba Polda Sumsel.

"Beliau memberikan materi seputar Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba," katanya.

BACA JUGA:Ada Yang Beda, Petugas Lapas Sekayu Pakai Baju Adat Saat Upacara HUT RI ke-78

Dalam pembahasanya, kata Randicha sang narasumber menjelaskan tentang bahaya narkotika serta langkah-langkah konkret dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkotika di kalangan mahasiswa.

Acara itu juga dihadiri oleh Dr. Saefudin Latief, M.Si, selaku Kepala Balai Diklat Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

"Kepada mahasiswa baru beliau memberikan pemaparan mengenai "Penguatan Moderasi Beragama." Ia menekankan pentingnya pemahaman agama yang moderat dalam mencegah ekstremisme," katanya.

BACA JUGA:PERKEMBANGAN TERBARU ! 14 Calon Provinsi Baru di Indonesia, 8 Memenuhi Syarat, Cek Adakah Daerahmu?

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Achmad Syarifudin, S.Ag., MA, menyampaikan harapannya untuk mahasiswa angkatan 2023.

"Semoga kelak menjadi alumni yang sukses serta membawa nama baik Fakultas Dakwah dan Komunikasi di manapun dirinya berada," katanya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: