Di Negara Ini Rakyatnya Tidak Boleh Miskin

Di Negara Ini Rakyatnya Tidak Boleh Miskin

Negara Bhutan.-Foto: Tangkapan Layar-Grid.id

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kemiskinan menjadi masalah bagi setiap negara. Tetapi ternyata ada satu negara di dunia ini yang melarang rakyatnya jatuh miskin.

Negara ini selalu berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Menurunkan jumlah pengangguran adalah salah satu tujuan negara ini.

Demi mewujudkan negara yang rakyatnya bebas dari kemiskinan, warga yang tak punya harta disuruh langsung menghadap raja. 

Negara yang melarang penduduknya miskin itu adalah Negara Bhutan. Walaupun negara kecil, terletak di Asia Selatan dengan wilayah yang diapit oleh India dan Tiongkok. 

Walaupun negara kecil, dengan jumlah penduduk tak lebih dari 1 juta jiwa, Bhutan termasuk salah satu negara yang makmur. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya tunawisma di negara tersebut. 

Peraturan melarang penduduknya jatuh miskin, memang bukan merupakan peraturan tertulis. Pemerintah akan melakukan sesuatu untuk menghindari peningkatan jumlah tunawisma di jalanan.

Sejak peraturan ini dijalankan, penduduk Bhutan dikenal dengan kesejahteraanya yang baik. Ada 5 prinsip hidup yang diterapkan pemerintah Bhutan untuk menjaga kesejahteraan rakyatnya.

BACA JUGA:Bukan Arab Saudi, Ternyata Dua Negara Ini Yang Penduduknya 100 Persen Beragama Islam

1. Tidak boleh ada tunawisma

Di jalanan di negara Bhutan tak pernah terlihat satu pun tunawisma. Hal itu dikarenakan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kerajaan Bhutan. 

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa setiap warga negara yang kehilangan rumah dan harta bendanya harus menghadap kepada raja. 

Setelah mendengarkan keluhan rakyatnya, raja akan memberikan mereka sebidang tanah subur utuk digarap. 

Sebelum membantu warganya, petugas setempat  akan melakukan pemeriksaaan untuk membuktikan apakah warga tersebut berbohong atau tidak. 

2. Pernah melarang televisi dan internet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber grid.id