Muara Enim Perkenalkan Produk Unggulkan Bunga Rosela

Muara Enim Perkenalkan Produk Unggulkan Bunga Rosela

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah memperkenalkan produk UMKM rempah bunga rosela.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Berbagai upaya terus digalakan Pemkab Muara Enim untuk menjadikan Kabupaten Muara Enim semakin dikenal dan terdepan di Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satunya melalui Festival Rempah dan Pesta Kawe Sumsel 2023 yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersama Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj Febrita Lustia Herman Deru, di Halaman PTC Mall Kota Palembang dari tanggal 25 sampai 27 Agustus.

Dalam Festival ini, Pemkab Muara Enim melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muara Enim memperkenalkan salah satu rempah unggulan khas Bumi Serasan Sekundang yaitu bunga rosela dengan segala turunanya seperti sirup rosela, pie rosela, sambel rosela, cuka rosela, manisan rosela, nastar rosela dan yang utamanya minuman teh rosela dengan berbagai varian rasa.

BACA JUGA:Keluhkan Angkutan Batubara yang Parkir di Pinggir Jalan, Warga: Bikin Macet dan Lakalantas

Nampak hadir diantaranya, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim, para Camat, Ibu-ibu PKK dan Stakeholder terkait lainnya.

Bunga rosela, asam kumbang, asam susur, asam paya atau rosela (hibiscus sabdariffa) adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika.

Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah ini diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas.

BACA JUGA:Juara Umum, Atelit Arung Jeram Sumsel Lolos ke PON XXI 2024

Di Kabupaten Muara Enim sendiri, tanaman rosella dapat ditemukan di Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul (Siba Rosela) dan didataran tinggi Semendo Raya.

Untuk masyarakat atau investor yang tertarik dengan bunga rosela ini bisa langsung datang ke Siba Rosela.

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah yang hadir langsung dalam festival ini mengajak semua pihak terutama kalangan anak muda untuk terus menjaga alam salah satunya dengan melestarikan rempah-rempah yang ada di Kabupaten Muara Enim seperti diantaranya melestarikan tanaman rosela.

BACA JUGA:Muara Enim Siap Berikan Kemudahan dalam Berinvestasi

“Tanpa rempah rasanya akan hampa, artinya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari rempah-rempah, mau masak pindang pasti pakai rempah, mau minum jamu pasti menggunakan rempah, obat-obatan juga sebagian dari rempah bahkan mau cantik pun pasti ada yang menggunakan rempah-rempah. Jadi, mulai sekarang mari bersama-sama kita lestarikan rempah-rempah,” ajak Vita.

Dirinya berharap melalui Festival Rempah ini Kabupaten Muara Enim dapat semakin dikenal serta dapat membangkitkan geliat perekonomian masyarakat terutama para petani rempah dan pelaku UMKM rempah yang ada di Kabupaten Muara Enim melalui berbagai turunan rempah-rempah tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: