Hadapi Pemilu dan Pemilukada, Prabumulih Siapkan Dana Cadangan Rp18 Miliar

Hadapi Pemilu dan Pemilukada, Prabumulih Siapkan Dana Cadangan Rp18 Miliar

Wakil Ketua I DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo SE--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD Kota Prabumulih bakal menyiapkan dana cadangan (saving dana).

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo SE ketika dibincangi di ruang kerjanya, kemarin (01/9).

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, dana cadangan perlu disiapkan lantaran pihaknya khawatir penyelenggaraan pemilu dan pilkada akan membebani APBD Kota Prabumulih tahun anggaran 2024 mendatang.

BACA JUGA:Korupsi Dana E-Warong, Kabid PMM Dinsos Prabumulih Terancam 20 Tahun Penjara

"Mengapa kami harus menyisihkan dana cadangan dalam APBD 2024, karena kita khawatir beban anggaran kedepan terkait Pemilukada (Pemilihan Kepala Daerah) itu akan membebani APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah)," ungkap pria penggemar tanaman bonsai ini.

Lebih lanjut Palo menuturkan pihaknya baru tahun ini menyiapkan dana cadangan pada APBD.

Tak tanggung-tanggung, kata Palo, dana saving alias dana cadangan yang disiapkan tersebut sebesar Rp18 miliar.

BACA JUGA:Kejari Prabumulih Jemput Paksa Tersangka Kasus Dugaan Korupsi E-Warong

“Tadi KPU sudah datang kebutuhan KPU itu sebesar  Rp28 milair tapi ada sharing provinsi sebesar Rp2 miliar lebih artinya Rp26 miliar. Tinggal lagi dalam APBD 2024 mendatang untuk kebutuhan KPU sudah ringan kami tinggal lagi mengalokasikan sebesar Rp18 miliar,” ujarnya.

Dijelaskan Palo, dana cadangan itu khusus disiapkan untuk persiapan pemilihan kepala daerah walikota dan wakil walikota periode 2024-2029 yang akan diselenggarakan pada 2024 mendatang.

“Artinya di APBD 2024 kami tinggal menyiapkan Rp8 miliar,” tuturnya seraya mengatakan anggaran yang disiapkan itu di luar kebutuhan Bawaslu.

BACA JUGA:Catat! Ini Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Memasuki Tol

“Sampai sejauh ini Bawaslu belum mengajukan anggaran ke kami berapa kebutuhan anggaran Bawaslu,” kata Palo.

Untuk diketahui, pada 14 Februaru 2024 mendatang bakal diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) mulai tingkat DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Nah untuk Kota Prabumulih, juga akan diselenggarakan Pemilukada. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: