Polres OKU Gelar Operasi Zebra Musi 2023

Polres OKU Gelar Operasi Zebra Musi 2023

Kabag Ops Polres OKU, Kompol Liswan Nurhafiz saat memeriksa pasukan dalam rangka apel persiapan Operasi Zebra Musi 2023. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Apel Pasukan Operasi Zebra Musi tahun 2023 di halaman Mapolres OKU, Senin (04/09).

Kegiatan apel ini dipimpin Kabag Ops Polres OKU, Kompol Liswan Nurhafiz, dan dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten OKU sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Operasi Zebra yang berlangsung selama 14 hari kedepan.

Kabag Ops, Kompol Liswan Nurhafiz menjelaskan, bahwa Ops Zebra tahun 2023 akan fokus pada penindakan 7 jenis pelanggaran tertentu.

Pelanggar yang terbukti akan dikenai sanksi tilang sesuai ketentuan yang berlaku, selain mendapatkan teguran. “Kami tetap menekankan pendekatan yang humanis dalam pelaksanaan Operasi Zebra ini,” ujar Kompol Liswan.

Pelanggaran yang dimaksud meliputi penggunaan helm non-standar (SNI), melawan arus lalu lintas, penggunaan handphone saat mengemudi, mengemudi dalam kondisi terpengaruh alkohol, tidak menggunakan sabuk pengaman, melampaui batas kecepatan, dan pengemudi di bawah umur.

“Operasi Zebra berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia, dan kami mengimbau masyarakat untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas demi menghindari sanksi dari petugas,” tambah Kompol Liswan.

Sementara itu, KBO Lantas Polres OKU, Ipda Anton ketika ditanya tentang jumlah kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2023 menjelaskan, bahwa tren kecelakaan lalu lintas di Bumi Sebimbing Sekundang menunjukkan penurunan.

Data yang dimiliki Satlantas Polres OKU mencatat hanya terdapat 35 kejadian kecelakaan lalu lintas hingga Agustus tahun 2023.

“Angka ini mencakup periode dari Januari hingga Agustus 2023, dengan rata-rata 4 hingga 5 kecelakaan per bulan. Ini menunjukkan penurunan angka kecelakaan,” ujar IPDA Anton.

Hal ini menurutnya merupakan hasil dari upaya maksimal Satlantas Polres OKU dalam memberikan imbauan kepada masyarakat melalui berbagai pihak agar mematuhi aturan lalu lintas, yang pada akhirnya berhasil menurunkan angka kecelakaan di OKU.

“Kami yakin bahwa upaya kami telah sangat maksimal dalam mendidik masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dan ini berdampak positif pada penurunan angka kecelakaan di OKU,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: