Bentuk Lima Posko Penanggulangan Karhutla

Bentuk Lima Posko Penanggulangan Karhutla

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) membentuk lima posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk mempercepat penanganan sekaligus upaya pencegahan bencana tersebut.

"Keberadaan posko hingga tingkat desa ini sebagai bentuk keseriusan kami dalam penanganan dan pencegahan karhutla di Kabupaten OKU," kata Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono, Selasa (5/9).

Menurut dia, pembentukan posko berjenjang hingga tingkat desa tersebut dilakukan guna memudahkan deteksi dini jika sewaktu-waktu terjadi karhutla sekaligus mempercepat upaya penanganannya.

Lima posko tersebut dibentuk di Kecamatan Lengkiti, Semidang Aji, Lubuk Batang, Ulu Ogan dan di Kecamatan Peninjauan.

Pihaknya pun menyiagakan sebanyak satu pleton personel polisi yang siaga untuk memadamkan api jika terjadi karhutla.

"Jika dibutuhkan atau terjadi kebakaran yang besar, personel yang disiagakan ini siap turun untuk membantu pemadaman api," tegasnya.

Selain upaya penanggulangan, dengan adanya posko tersebut diharapkan juga akan memudahkan sosialisasi pencegahan yang dilakukan personel Bhabinkamtibmas dan aparat pemerintah desa kepada masyarakat di wilayah itu.

Sementara berdasarkan data statistik yang dimiliki Polres OKU terpantau titik hotspot dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan Lengkiti, Semidang Aji dan Kecamatan Lubuk Batang yang berpotensi menimbulkan karhutla.

Titik api tersebut disebabkan karena kelalaian masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan di lahan pertanian yang kering sehingga nyaris menimbulkan bencana kabut asap.

"Kami juga terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat, apalagi membuka lahan pertanian dengan cara dibakar," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: