20 Objek Wisata Indonesia Yang Terkenal di Dunia

20 Objek Wisata Indonesia Yang Terkenal di Dunia

Raja Ampat, Island-Foto: Tangkapan Layar-Pinterest

PALEMBANG, PALPOS.ID - Indonesia memiliki pemandangan alam yang indah. Disamping itu juga Indonesia juga terkenal dengan budayanya. Tak heran kalau banyak turis dari mancanegara datang ke Indonesia.

Objek wisata Indoensia yang terkenal hingga ke mancanegara

1. Pura Besakih

Pura Agung Besakih merupakan pura terbesar dan termegah di Bali. Pura ini terletak di Desa Besakih, di lereng sebelah barat daya Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

Pura yang dibangun sejak abad ke-10 Masehi ini menjadi pusat kegiatan spiritual Hindu Dharma di Pulau Dewata. Pura Besakih ditetapkan sbagai Situs Warisan Budaya oleh UNESCO sejak selamat dari erupsi Gunung Agung pada tahun 1963. 

2. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di sini terdapat objek wisata yang menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara, terutama penyelam kelas dunia. 

Kepulauan Derawan wajib dikunjungi karena ekosistem bawah laut dan keasrian alamnya masih sangat terjaga. Pada tahun 2005, pemerintah telah mendaftarkan kawasan wisata ini ke UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia, bahkan dijuluki sebagai Pristine Island.

BACA JUGA:Pantai Padang: Keindahan Alam di Glamping Teluk Sirih

3. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNKW) Lampung, ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) yang ke-36, pada 25 Juli 2016. Taman Nasional Way Kambas merupakan Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia. 

TNKW terletak di ujung selatan Pulau Sumatera atau 110 Km dari Bandar Lampung. TNKW merupakan salah satu Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia. TNKW menempati 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung. 

TNWK dikenal sebagai konservasi gajah. Selain menjadi tempat perlindungan bagi Gajah Sumatera, taman ini juga dikenal sebagai tempat pelatihan gajah. Way Kambas didirikan pemerintah Belanda pada tahun 1937, hingga saat ini masih terjaga sebagai Taman Nasional.

Selain gajah, di sini juga terdapat konservasi Badak Sumatera dan ada fasilitas Rhino Sanctuary. Untuk melihat Badak Sumatera ini, wisatawan harus punya izin khusus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: