Dua Fraksi DPRD Ogan Ilir Usulkan Salat Istisqo Minta Hujan Agar Karhutla Meredam

Dua Fraksi DPRD Ogan Ilir Usulkan Salat Istisqo Minta Hujan Agar Karhutla Meredam

Dua Fraksi DPRD Ogan Ilir Usulkan Salat Istisqoro Minta Hujan Agar Karhutla Meredam.--

OGANILIR, PALPOS.ID - Wakil Bupati Ogan Ilir, H. Ardani, menanggapi usulan dari dua fraksi DPRD Ogan Ilir terkait permasalahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Ogan Ilir (OI) dampak El Nino.

Dimana dua fraksi DPRD Ogan Ilir agar Pemkab Ogan Ilir menggelar solat Istisqo sebagai ikhtiar untuk meminta hujan kepada sang pencipta Allah SWT sebagai upaya untuk peminta pertolonganya dalam penanganan Karhutla (Kebakaran Hutan Dan Lahan).

Dua fraksi yang mengusulkan hal tersebut adalah fraksi partai Golkar dan Partai Nasdem. Hal itu, disampaikan dalam gelar rapat sidang paripurna DPRD Ogan Ilir, Rabu (13/9/2023).

Ardani menyatakan bahwa usulan tersebut akan segera disampaikan ke Bupati, dengan harapan dapat diwujudkan dalam tindakan nyata.

BACA JUGA:Warga Binaan Lapas Sekayu Ikuti Ujian Tahfiz Alquran, Ini Tujuannya..

"Karhutla puncaknya memang di bulan September ini, bukan hanya di Ogan Ilir tapi di kabupaten lain juga bahkan yang terparah tetangga kita (OKI), wilayah juga sangat luas," katanya.

Wakil bupati mengungkapkan komitmennya untuk memaksimalkan segala upaya yang ada, dengan fokus pada persiapan personel dan sarana yang diperlukan.

"Kita memaksimalkan upaya yang ada tetap harus bekerja keras, mempersiapkan personel dan sarana yang ada, tentunya dengan semua pihak baik dari BPBD, TNI, Polri dan pihak lainya di eksikutif maupun legislatif," katanya.

Koordinasi yang baik antara semua pihak diharapkan dapat mempercepat penanggulangan Karhutla.

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi dan Ketua DPRD Muba Sugondo Ikuti Executive Briefing Penguatan Antikorupsi KPK

"Terkait dengan masalah ispa (infeksi saluran pernapasan akut), Bupati juga telah memberikan perintah untuk mengantisipasi dan mempersiapkan tenaga kesehatan serta mendistribusikan masker kepada masyarakat," ungkapnya.

Dalam hal libur sekolah, belum ada rencana konkret untuk dilakukan. Keputusan terkait libur sekolah akan sangat bergantung pada perkembangan kondisi di masa mendatang.

Sementara itu, anggaran untuk para anggota lapangan yang terlibat dalam penanganan Karhutla telah dianggarkan dan akan segera difinalisasi dalam waktu dekat. Upaya ini bertujuan untuk memastikan kelancaran tindakan di lapangan.

"Dengan kerja keras semua pihak, diharapkan permasalahan Karhutla dapat segera diatasi dan kesejahteraan masyarakat Ogan Ilir dapat dipulihkan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: