13 Orsat Dilantik, Ini Pesan Ketua Orda ICMI Lubuklinggau dan Ketua Orwil ICMI Sumsel

13 Orsat Dilantik, Ini Pesan Ketua Orda ICMI Lubuklinggau dan Ketua Orwil ICMI Sumsel

Usai dilantik, 13 Orsat ICMI Kota Lubuklinggau foto bersama Ketua Orda ICMI Kota Lubuklinggau dan Ketua Orwil ICMI Sumsel, di Hotel Cozy, Rabu 13 September 2023-Foto: Maryati-Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID. - Ketua Organisasi Daerah (Orda) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar melantik pengurus Organisasi Satuan (Orsat) ICMI Kota Lubuklinggau di Hotel Cozy, Rabu (13/9/2023).

Selain pelantikan Orsat, juga dilaksanakan Ikatan Silaturahmi Kerja Daerah (Silatda) Orda ICMI Kota Lubuklinggau.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Orwil ICMI Provinsi Sumsel Heri Amalindo, Asisten III Setda Kota Lubuklinggau Herdawan, Rektor UNPARI, Ketua STAI Bumi Silampari, perwakilan IAIN Al Azhar, Universitas Bina Insan, Camat, perwakilan Kesbangpol, TNI dan Kejaksaan serta seluruh pengurus Orsat ICMI Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Wawako Himbau KONI Lubuklinggau Hindari Konflik

Usai acara, Ketua Orwil ICMI Provinsi Sumsel Heri Amalindo  menjelaskan setiap Orda ICMI wajib membentuk Orsat. Pengurus Orsat harus 'dihidupkan' karena merekalah yang menjadi ujung tombak.

"Kita bersyukur, di Lubuklinggau ada 13 Orsat tadi yang sudah dilantik. Bahkan 5 Orsat diantaranya dari Perguruan tinggi, 8 dari Kecamatan. Ini suatu yang luar biasa, dimana pihak Perguruan Tinggi ikut," ungkapnya.  

Heri juga berpesan, sebagai pengurus ICMI harus berikan contoh yang baik kepada masyarakat.

BACA JUGA:Satgas KONI Kota Lubuklinggau Untuk Porprov Sumsel ke -XIV di Lahat Dipertanyakan

"SDM kita harus diatas rata-rata, agar jadi patokan dan panutan. Caranya, ya berkelakuan yang baik, berikan contoh yang baik," pesannya.

Heri juga menekankan ICMI jangan ikut berpolitik, namun bukan berarti tidak memiliki hak politik.

"Intinya, didalam ICMI tidak ada partai politik. Kita harus sama-sama besarkan ICMI. Kita tekankan juga, ICMI hadir untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa," tegasnya.

BACA JUGA:Satgas KONI Kota Lubuklinggau Untuk Porprov Sumsel ke -XIV di Lahat Dipertanyakan

Program kedepan lanjut Heri, bagaimana Orsat memberikan pelatihan atau pembelajaran dilingkungannya seperti  Bimbel sesuai kemampuan Orsatnya. "Misalnya di Orsat ada yang jago kimia, maka berikan bimbel Kimia secara gratis agar masyarakat yang tidak mampu juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan pembelajaran tambahan seperti siswa/i dari kalangan berada lainnya," jelas Heri.

Sementara itu, Ketua Orda ICMI Kota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar mengaku pembentukan Orsat ini sendiri sebagai bentuk komitmen mereka dalam melaksanakan AD/ART.

"Alhamdulilah sudah terbentuk 13 Orsat, dan pengurusnya sudah kita lantik tadi," ungkapnya.

Untuk program kedepan, karena ICMI mitra pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsa, maka diharapkan kehadiran ICMI termasuk pengurus Orsat harus bisa memberikan masukan ke pemerintah untuk pembangunan daerah. Tentunya ini yang terus mereka tekankan.

Membantu pemerintah, mewujudkan masyarakat Metropolis Madani. "Ini tugas kita kedepan," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Sulaiman, Orsat juga harus juga bisa menunjukan dengan sikap tindak prilaku dari pengurus Orsat sendiri. "Harus jadi contoh dan terus berbuat kebaikan. Jangan bertindak dan berlaku kekerasan yang sangat tidak mencerminkan seorang cendikia," tegasnya.

Dikatakan Ketua Orda ICMI Kota Lubuklinggau yang juga masih menjabat sebagai Wakil Walikota Lubuklinggau ini, ICMI berkomitmen untuk menjadi umat terbaik. Untuk itu anggota ICMI harus menampilkan Islam yang ramah dan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sulaiman berharap ICMI Lubuklinggau terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meraih cita-cita dan tujuan ICMI.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Lubuklinggau, Herdawan mengucapkan selamat kepada pengurus ICMI yang dilantik.

"Semoga mampu melaksanakan tanggung jawab demi memajukan ICMI dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Lubuklinggau," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: