Karhutla Menggila! Ancam Pemukiman Penduduk, Warga mengaku Cemas

Karhutla Menggila! Ancam Pemukiman Penduduk, Warga mengaku Cemas

Karhutla Menggila! Ancam Pemukiman Penduduk, Warga mengaku Cemas--Foto: Isro/Palpos.id

OGANILIR,PALPOS.ID - Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutlah) terus menggila sejak sepekan terakhir di Kabupaten Ogan Ilir terutama di Kecamatan Indralaya Utara dan Pemulutan.

Ratusa lahan yang notabena lahan tidur telah digerus si jago merah. Petugas pemadaman baik itu Manggala Agni, BPBD dan lainya tampaknya kewalahan dalam memadamkan api.

Karhutla juga telah meluas bahkan mendekati pemukiman penduduk. Kondisi ini sangat membuat masyarakat cemas terlebih rumah-rumah penduduk itu kebanyakan terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

BACA JUGA:Selain Jalan Tol, Asap Tebal Karhutla Selimuti Jalan Lintas Timur Palembang-Indralaya

"Yang pastinya yang kami rasakan dan warga lainya positip cemas, api yang besar begini telah dekat dengan pemukiman," ujar Gilang Warga Desa Rambutan kepada awak media. Rabu, 13 September 2023.

Meski belum ada kejadian rumah yang terbakar kondisi ini sangat mengkhawatirkan terlebih beberapa waktu lalu ada rumah warga yang hampir terbakar akibat karhutla.

"Sejauh ini belum ada rumah warga terbakar tetapi ada yang hampir terbakar akibat karhutla bebrapa hari lalu," katanya.

BACA JUGA:Audiensi ke DPRD Prabumulih, Bawaslu Usulkan Dana Hibah Rp10,6 Miliar

Gilang mengaku, dampak lainya yakni debu atau kembang api, dan juga asap yang pekat sangat berdampak bagi kesehatan terutama mata dan pernapasan yang dapat menyebakan berbagai macam penyakit.

"Bantuan belum ada. Harapanya agar pemerintah dapat secara tepat dan akurat serta sebaik mungkin dalam melakukan pemadaman api agar tidak ada rumah yang terbakar," katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: