Sekda Tinjau Kebakaran Lahan PT SAM

Sekda Tinjau Kebakaran Lahan PT SAM

Sekda Muara Enim meninjau titik lokasi kebakaran lahan di area kawasan PT SAM Desa Putak, Kecamatan Gelumbang.--Foto: Febi/Palpos.id

MUARA ENIM - Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran lahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Ir Yulius MSi meninjau titik lokasi kebakaran lahan di area kawasan PT Sumatera Asia Mandiri (SAM) Desa Putak, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Rabu (13/9).

Dalam tinjauannya itu, Sekda yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Abdurrozieq Putra ST MT, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)

Drs Saprioma MSi dan Plt Camat Gelumbang Chandra Firmansyah SE, terus mengupayakan tindakan pemadaman yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Posko Terpadu Gelumbang, TNI, Polri, Damkar PT SAM, Anggota Manggala Agni dan unsur terkait lainnya.

BACA JUGA:Ragam Produk Kriya Muara Enim Hiasi Pameran Kriyanusa

Yulius menjelaskan dalam upaya pemadaman terhadap kebakaran yang menghanguskan lahan perkebunan milik  seluas lebih dari 150 hektare ini setidaknya telah menerjunkan personel gabungan yang diperlengkapi alat pemadam berupa kompresor sebanyak 12 unit dan 1 unit mobil pemadam. 

"Saya menginstruksikan kepada pihak terkait untuk terus mengorganisir dan memetakan titik api untuk dilakukan upaya pengendalian agar tidak terus menyebar serta terus memaksimalkan upaya pemadaman," tegasnya.

Selain itu, Sekda juga meminta kepada pihak perusahaan yang dalam kesempatan itu dihadiri oleh Koordinator Lapangan/ Pengawas Perkebunan PT SAM, Agus untuk segera membuat kanal sebagai upaya mengisolir atau membatasi titik api agar tidak terus meluas.

BACA JUGA:Walikota Prabumulih Minta Pelaksanaan Porprov Sumsel Ditunda, Ini Alasannya..

Ditambahkan pula, Sekda menghimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar atau melakukan aktifitas lainnya yang dapat memicu terjadinya kebakaran serta memberikan informasi jika terjadi kebakaran dengan segera menghubungi layanan pengaduan di nomor 085377694205- 081373966669- 081367761555.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: