Nikmati Keindahan Puncak Data: Destinasi Wisata "Negeri di Atas Awan" di Sumbar

Nikmati Keindahan Puncak Data: Destinasi Wisata

Negeri di atas awan, Padang, Sumatera Barat-Foto: Tangkapan Layar-tiktok

SUMATERA BARAT, PALPOS.ID - Jika Anda ingin menikmati pesona dua gunung ikonik Provinsi Sumatera Barat, Gunung Singgalang dan Marapi, maka Puncak Data adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

Di sini, Anda akan merasakan sensasi seolah berada di negeri di atas awan.

Puncak Data yang sering disebut sebagai "Negeri di Atas Awan" oleh penduduk setempat, terletak di Puncak Data, Jorong Bukikapik, Nagari Padangtarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanahdatar.

Ada dua jalur akses untuk menuju Puncak Data. Pertama, melalui jalan raya Bukittinggi-Batusangkar, dan yang kedua, melalui jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh.

BACA JUGA:Keindahan Alam Perbukitan di Sumatera Barat, Nikmati Keindahan Danau Meninjau dari Puncak Lawang

Untuk mencapai Puncak Data melalui jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh, pengunjung dapat memasuki daerah ini melalui Simpang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam (dekat dengan Kampus IPDN Baso).

Kemudian, ikuti jalan yang beraspal dan akan menemukan jalan menanjak.

Setelah melewati jalan menanjak, Anda akan menemukan pertigaan (dengan warung). Berbelok ke kanan dan teruskan perjalanan menanjak untuk mencapai Puncak Data.

Jalur ini memerlukan kendaraan yang kuat untuk menanjak, baik itu roda dua maupun roda empat, tetapi tidak disarankan untuk bus.

BACA JUGA:Keelokan Alam yang Tersembunyi di Sumatera Barat, Arti di Balik nama Air Terjun Sarasah Basarok

Dari Simpang Padangtarok ke Puncak Data, perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit atau sekitar empat kilometer.

Jika Anda memilih jalur melalui Bukittinggi-Batusangkar, Anda akan melewati Simpang Puncakalai, Tajuangalam, Kabupaten Tanahdatar.

Dari Simpang Puncakalai, perjalanan menuju Negeri di Atas Awan hanya memakan waktu sekitar lima menit, meskipun perjalanan dari Simpang Baso ke Puncakalai lebih jauh dibandingkan dengan jalur melalui Simpang Padangtarok.

Selama perjalanan menuju Puncak Data, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah sepanjang jalan, termasuk perbukitan dan ladang petani yang menghiasi pemandangan sepanjang perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: