26 Ribu Jiwa Warga OKU Bisa Nikmati Program Berkat

26 Ribu Jiwa Warga OKU Bisa Nikmati Program Berkat

Kepala Dinas Kesehatan OKU, Deddy Wijaya. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Sebanyak 26 ribu jiwa warga kurang mampu di Kabupaten OKU terhitung mulai September 2023 ini bisa menikmati Program Berobat Pakai KTP (Berkat) yang baru saja diluncurkan oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

"Ya, 26 ribu warga kurang mampu itu kini sudah didaftarkan sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari sektor Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), seperti buruh harian lepas," ungkap Kepala Dinas Kesehatan OKU, Deddy Wijaya, saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (20/9).

Deddy menjelaskan, secara keseluruhan total jumlah warga OKU yang terdaftar sebagai peserta JKN per 31 Agustus 2023 adalah sebanyak 301.126 jiwa.

Sementara jumlah warga kurang mampu yang layak menjadi peserta JKN adalah sebanyak 376.977 jiwa. Artinya, saat ini sudah ada 79,88 persen yang sudah tercover sebagai peserta JKN. 

"Mereka semua didaftarkan sebagai peserta JKN dengan menggunakan dana yang sebagian besar berasal dari pusat, sementara khusus untuk 26 ribu jiwa yang masuk Program Berkat dananya dibantu oleh Pemprov Sumsel dengan total nilai Rp21 miliar," ungkap Deddy.

Sedangkan sisanya yakni sekitar 48.133 jiwa belum terdaftar sebagai peserta JKN. "Insya allah, untuk sisanya ini akan kita perjuangkan agar semuanya bisa terdaftar di Program Berkat pada 2024 mendatang," tegasnya.

Menurut Deddy, bagi warga OKU yang ingin tahu apakah sudah terdaftar di JKN lewat Program Berkat pada 2023 ini, maka bisa mengecek datanya secara langsung di puskesmas terdekat di wilayah masing-masing atau bisa diakses lewat BPJS mobile. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: