Ancaman Gagal Panen, Bantu Koptan Sumur Bor dan Pompa Air

Ancaman Gagal Panen, Bantu Koptan Sumur Bor dan Pompa Air

Kemarau,Pertanian,SumurBor,PompaAir,GagalPanen,MuaraEnim,KelompokTani,Irigasi,Perternakan,KrisisAir,--Foto: Febi/Palpos.id

MUARA ENIM - Ancaman gagal panen karena musim kemarau selalu menghantui dibenak para petani. Soalnya, para petani khawatir kondisi sawah akan mengalami kekeringan dan air irigasi tidak mengaliri sawah dengan baik. 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kondisi sehingga ancaman gagal panen dapat dicegah atau diminimalisir

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan (TPHP) Muara Enim telah melakukan pemetaan wilayah persawahan di Bumi Serasan Sekundang dan membantu kelompok tani (Koptan) berupa sumur bor dan pompa air.

BACA JUGA:Tinjau Jalan Alternatif Kawasan Proyek Fly Over Bantaian

"Musim kemarau biasa di lalui setiap tahun. Sebab awal musim kemarau mulai bulan Juli  sampai dengannbulan Oktober .

Biasaya petani menam padi ada dua  sampai tiga musim tanam. Mulai tanam bulan Nopember. Panen nya bulan Feberuari," terang Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan (TPHP) Ir Ulil Amri, Rabu (20/9).

Musim tanam selanjutnya, kata dia, bulan  Maret sampai dengan bulan Juli panen. Ini bisa antisipasi sebelum memasuki kemarau dan petani bisa panen.

BACA JUGA:Kecelakaan Tragus Di Tol Indra Prabu Telan Korban Jiwa, PT HK Buka Suara Jelaskan Kronologisnya

Selanjutnya, untuk sawah rawa lebak. Musim tanam bulan Maret sampai dengan April.  Panennya bulan Agustus dan September. 

"Paling yang tanam rawa lebak agak kena kemarau namun serapan airnya masih ada karena tahun ini kemarau basah masih ada turun hujan sehingga dapat membantu tanam tumbuh padi. Begitu juga dengan sawah tadah hujan proses tanamnya terjadi bulan Maret dan April, mengalamin dampak kemarau biasanya di penghujung," jelasnya.

Untuk antisipasi agar tidak mengalami gagal panen, kata dia, pihaknya membantu kelompok tani yakni sumur bor dan pompa air.

BACA JUGA:Tegak Lurus Partai, Demokrat Prabumulih Siap Menangkan Prabowo

"Antisipasinya kita membantu sumur bor dan pompa air untuk suplay air di persawahan dengan demikian semoga Muara Enim tidak mengalami gagal panen,"terangnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: