Setelah Memilih Bungkam, Akhirnya Ketua KONI Angkat Bicara

Setelah Memilih Bungkam, Akhirnya Ketua KONI Angkat Bicara

Ketua KONI Lubuklinggau Bambang Rubianto-Foto: Maryati-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Sempat memilih bungkam ketika dituding tebang pilih dalam mengirim cabang olahraga (cabor) pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan (Porprov Sumsel) ke-XIV, akhirnya Ketua KONI  Lubuklinggau Bambang Rubiato, angkat bicara dan mengkarifikasi terkait pengiriman cabor ke Lahat.

Klarifikasi itu dilakukannya melalui relese di group Media Kontingen Lubuklinggau, Kamis 21 September 2023.

Menurut Bambang, tidak diikutsertakannya cabor sepakbola pada event Porprov Sumsel ke- XIV di Lahat 2023, merupakan salah satu cara untuk memberikan motivasi kepada cabor lainnya dibawah naungan KONI untuk terus meningkatkan kemampuan para atlet mereka.

BACA JUGA:Wow!!! Kontingen Lubuklinggau Pecahkan Rekor di Cabor Angkat Besi, Dulang 9 Medali Emas dan 6 Perunggu

"Jadi di Porprov OKU Raya 2021 lalu, bagi Cabor yang tidak mendapatkan medali apapun, mereka diberi kesempatan untuk mengikuti kejuaraan, baik Kejurda (kejuaraan daerah) maupun Kejurnas (kejuaraan nasional) untuk meraih prestasi  dalam kejuaraan tersebut, baik peringkat satu, dua maupun tiga," ungkapnya.

Dengan prestasi yang dicapai, otomatis bisa mendapat tiket untuk ikut Porprov.  

Bahkan, tiket untuk ikut Porprov ke- XIV Lahat 2023 ini, sudah disampaikan sejak jauh hari, ketika cabor sal epakbola Lubuklinggau tidak mendapatkan medali apapun di Porprov ke-XIII OKU Raya 2022 lalu.

BACA JUGA:Aduuh Sakit, Rengekan Peserta Sunatan Masal Warnai Pembukaan TMMD ke-188 di Lubuklinggau

Itu juga,l dikatakan Bambang, atas petunjuk dari mantan Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, yang baru habis masa jabatannya pada 18 September 2023 lalu, agar setiap Cabor dapat melakukan evaluasi dengan mengikuti kejuaraan.

"Jadi, seluruh Cabor kita lakukan evaluasi, dengan tujuan memberikan motivasi kepada para atlet mereka untuk berprestasi, dan ini atas instruksi Pak Wali," katanya.

Jadi, tegas Bambang, bagi Cabor 2021 sampai 2023, tidak ada peningkatannya, otomatis mereka tidak diikutsertakan di Porprov ke-XIV Lahat 2023 ini.

BACA JUGA:ISSI Lubuklinggau Kembali Sumbang 3 Emas

"Setiap Cabor yang tidak mendapatkan medali di Porprov ke-XIII, ketika mau diikutsertakan di Porprov ke-XIV Lahat harus ada prestasi dulu, itu merupakan tiket untuk ikut Porprov," ujarnya.

Semua itu merupakan salah satu cara agar penggunaan dana efektif dan efisien. "Jadi, itu yang menyebabkan Cabor sepakbola tidak diikutsertakan di Porprov ke-XIV Lahat 2023," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: