Pusri Tingkatkan Produktivitas dan Pengembangan Komoditas Pertanian melalui Program Makmur

Pusri Tingkatkan Produktivitas dan Pengembangan Komoditas Pertanian melalui Program Makmur

Pusri tingkatkan produktivitas dan pengembangan komoditas pertanian melalui program makmur. -Foto: Humas Pusri-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Menjadi perusahaan agroindustri yang unggul di Asia, menjadi salah satu upaya dan target PT Pupuk Sriwidjaya (Pusri) PALEMBANG

Oleh karena itu, PT Pusri Palembang selaku anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) tetap konsisten dan senantiasa melaksanakan perubahan dan layanan terbaik kepada stakeholders.

Untuk itu, Pusri melaksanakan transformasi bisnis dalam berbagai proses bisnis, dimana salah satunya dengan mendukung Program Makmur yang diinisiasi Menteri BUMN, Erick Thohir bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai holding dari Pusri.

Adapun Program Makmur secara simbolis diresmikan di area pesawahan Keboncau, Ciasem, kabupaten Subang pada  Agustus 2021 lalu.

BACA JUGA: Direksi Pusri Tinjau Langsung dan Turunkan Personil untuk Pemadaman Karhutla OI

Program Makmur merupakan sebuah program pendampingan menyeluruh dari PT Pupuk Indonesia (Persero) kepada petani Indonesia yang bertujuan  memakmurkan dan meningkatkan hasil panen serta pendapatan petani di Indonesia.

Melalui program ini petani yang terlibat diberikan pendampingan intensif mengenai budidaya tanaman, aplikasi teknologi pertanian mutakhir.

Akses permodalan dan offtake hasil panen yang dilakukan oleh stakeholder diharapkan dapat membantu petani mencapai hasil yang optimal serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Untuk mendukung Program Makmur, Direktur Utama (Dirut) Pusri, Tri Wahyudi Saleh terus berupaya dalam pengembangan ekosistem Program Makmur dengan memberikan pendampingan intensif kepada petani untuk budidaya pertanian berkelanjutan dengan melibatkan rantai pasok yang didukung teknologi berbasis Triple Bottom-Line 3P (People, Planet, Profit) dengan tujuan akhir yaitu untuk memakmurkan Petani Indonesia.


--

Selanjutnya manfaat yang bisa didapatkan petani melalui program ini diantaranya, kenaikan produktivitas pertanian, kenaikan keuntungan petani, adopsi praktek pertanian unggul dan mendorong penggunaan pupuk non subsidi.

Disisi lain, realisasi luas lahan Program Makmur yang telah dilakukan Pusri yaitu sebesar 54.965,03 Ha dari target 30.500 Ha dengan jumlah petani sebanyak 15.554 orang, terdiri dari 4 (empat) komoditi, dengan rincian sebaran luasan dan komoditas hingga 21 September 2023 yaitu : (lihat tabel) 

Dirut PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh menyampaikan  melalui Program Makmur, petani akan diberikan pupuk sesuai kebutuhan, mendapatkan kawalan teknologi budidaya dan pemupukan berimbang sehingga berdasarkan realisasi Program Makmur yang sudah berjalan dapat meningkatkan hasil produksi sampai 20-30 persen. 

“Dengan adanya program Makmur tentunya sejauh ini banyak sekali benefit yang didapatkan petani, terutama dari segi peningkatan hasil produksi dengan kualitas yang juga ikut meningkat. Karena kami yakin dengan adanya kawalan langsung dari Pusri, produktivitas pasti akan meningkat," jelas Tri.

BACA JUGA:Pusri Gandeng Mitra Binaan Gelar Pelatihan Barista

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: