Dukung Gerakan Bersama Jaga Kualitas Air Sungai Enim

Dukung Gerakan Bersama Jaga Kualitas Air Sungai Enim

Sekda Kabupaten Muara Enim Ir Yulius MSi memimpin pertemuan dengan Green Invite Sembilan (GIS) Muara Enim di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID – Sebagai bentuk upaya menjaga lingkungan dan ekosistem Sungai Enim, Jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang diinisiasi oleh Yayasan Green Invite Sembilan (GIS) Muara Enim menggelar Focus Group Discussion (FGD) mendukung gerakan bersama jaga kualitas air Sungai Enim

Dukungan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Ir Yulius MSi rapat koordinasi dengan Green Invite Sembilan (GIS) Muara Enim di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Rabu (27/9).

Hadir Kepala Bappeda, perwakilan DLHP Provinsi Sumsel, Jajaran OPD, perwakilan Perusahaan lingkup Kabupaten Muara Enim, perwakilan dari UNSAN serta para aktivis pmerhati lingkungan.

Direktur Eksekutif Edrul Jafris GIS menjelaskan bahwa menjaga semua pihak harus menyadari akan pentingnya menjaga keberlangsungan Sungai Enim yang merupakan sumber kehidupan utama bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Karhutla Nyaris Hanguskan Rumah Warga

Apalagi kemarau panjang yang melanda di Kabupaten Muara Enim mengakibatkan terganggunya keseimbangan sungai yang mengakibatkan susahnya sumber air bersih. Hal inilah yang menjadi alasan utama terselenggaranya FGD tersebut.

“GIS ini sendiri merupakan organisasi yayasan yang bergerak dibidang lingkungan, yang terbentuk atas gagasan para aktivis pemerhati dan pengamat lingkungan dalam menyikapi isu-isu perubahan iklim yang ada di daerah hingga isu yang melanda dunia,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ir Yulius MSi, menyambut baik rencana aksi Gerakan Bersama Jaga Kualitas Air Sungat Enim yang diusung oleh Yayasan GIS.

BACA JUGA:Tekan Angka Kemiskinan Gelar Pelatihan UMK

Menurutnya, hal ini merupakan inisiasi yang baik dalam upaya pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup, utamanya untuk menumbuhkan sikap peduli akan lingkungan bagi masyarakat dalam rangka menjaga kualitas air sungai enim dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membuang-buang air bersih.

Melalui FGD tersebut, Sekda Yulius mengajak seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk ikut berkontribusi dalam menjaga alam sekitar khususnya yang saat ini menjadi perhatian adalah Sungai Enim yang debit airnya menyusut dikarenakan kemarau panjang yang melanda Kabupaten Muara Enim.

“Mari ikuti FGD ini dengan seksama, besar harapan kita bersama melalui FGD ini akan menghasilkan solusi dari pada permasalahan yang kita hadapi saat ini, kita jaga keberlangsungan alam supaya alam menjaga kita,”jelasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: