Keren, Penampakan Museum Nabi Muhammad SAW di Ancol

Keren, Penampakan Museum Nabi Muhammad SAW di Ancol

Keren, Penampakan Museum Nabi Muhammad SAW di Ancol-Foto : Istimewa-

JAKARTA, PALPOS.ID - Indonesia sebentar lagi akan memiliki suatu kebanggaan dan kehormatan yang baru berkaitan dengan syiar agama Islam.

Apa itu, Museum Internasional sejarah Nabi Muhammad SAW dan peradab Islam di Jakarta, tepatnya di Pantai Timur Ancol, yang akan menjadi wase bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Terutama kaum muslim di dalam menggali lebih dalam bagaimana perjalanan hidup Rosulullah SAW.

BACA JUGA:Orang Ngapak Calon Menantu Idaman yang Unik dan Berkualitas

Peletakan batu pertama Museum seluas 6 hektar, di lokasi dekat dengan Pantai Karnaval Ancol, dilaksanakan pada Februari 2020 lalu.  

Musium Rosulullah di tanah air menjadi yang pertama diluar Arab Saudi, dan mendapat dukungan Yayasan Wakaf Assalam yang bermarkas di Jeddah-Arab Saudi, serta Liga Muslim Dunia yang berkantor pusat di Mekah-Arab Saudi.

Indonesia menjadi negara pertama diluar Arab Saudi, yang memiliki Museum Nabi Muhammad SAW diluar Arab Saudi.

BACA JUGA:16 Kota Tercantik di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Ini adalah suatu kehormatan sekaligus kebanggaan tentunya menjadi amanah bagi rakyat Indonesia yang mayoritas  muslim, karena mendapat kepercayaan untuk membangun dan memiliki museum Rasulullah SAW.

Museum Rosulullah SAW ini terdiri dari dua lantai dengan total luas bangunan mencapai 10.000 meter persegi.

Selain ruang pameran yang berisi benda-benda bersejarah dan peradaban Islam, di dalam komplek ini juga terdapat Auditorium, Masjid serta lapangan luas untuk kegiatan agama serta kegiatan manasik haji.  

BACA JUGA:Pemanfaatan Ruangan di Bawah Tangga

Kalau nanti kita liat, isi Auditorium ini tidak hanya berisikan hadis-hadis yang menceritakan  kisah dan perjalanan hidup Rosulullah SAW, sehingga masyarakat bisa ngambil contoh tauladan beliau semasa hidupnya.

Tetapi juga kisah-kisah fenomenal di dalam perkembangan Islam, seperti sejarah  isra mi'raj perjalanan hijrah nabi, hingga maket Kota Mekah dan Madinah di zaman Rasulullah hingga di era sekarang.

Sesuai teknologi yang ada sekarang, maka tampilan juga diorama, kisah-kisah atau benda-benda sejarah sejak zaman Rasulullah akan ditampilkan di dalam tiga dimensi.

BACA JUGA:Kreativitas Melejit! Anak-Anak PAUD Terpesona oleh Trend Origami

Sehingga apapun yang melihatnya akan bisa mengetahui dan mempelajari dengan detail, dan juga di museum ini akan ada naskah manuscreen, literatur hingga benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Rasulullah dan peradaban Islam.  

Yang terjadi di dalam museum tersebut, merupakan hasil dari pengumpulan selama 14 tahun oleh Yayasan Wakaf Assalam.

Insyaallah, Museum Rosulullah SAW akan menjadi Icon wisata religi baru bagi masyarakat Indonesia dan negara di kawasan Asia maupun Eropa.

BACA JUGA:Rekap Asian Games 2022 Badminton: Gregoria Ditumbangkan Wakil Jepang, Target Emas PBSI Gagal Total

Terlebih lokasi yang strategis dan mudah diakses, museum ini juga akan syarat dengan wahana dan informasi edukatif, yang dapat menjadi objek penelitian bagi mereka yang berminat studi -studi agama, khususnya agama Islam.

Tentunya dengan dibangunnya museum ini akan menambah destinasi wisata religi di Jakarta, dan dipastikan  Jakarta akan menjadi tujuan wisata bagi wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

Informasi ini sebelumnya telah disampaikan  oleh akun YouTube Bang Dai Channel, dalam vidio berdurasi 4,26 menit.

BACA JUGA:Tradisi Bebehas: Menciptakan Kebersamaan di Muara Enim yang Terpinggirkan oleh Kemajuan Zaman

Namun sayang belum diketahui secara pasti apakah Museum ini sudah resmi dilaunching atau baru akan dilaunching. Karena pemilik akun ini tidak menjelaskan secara rinci kapan Museum tersebut dilaunching. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: