Bantuan Pangan Tahap II di OKU Raya Tersalurkan 100 Persen

Bantuan Pangan Tahap II di OKU Raya Tersalurkan 100 Persen

Kepala Perum Bulog Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Julkhaidar Romadhon. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Kepala Perum Bulog Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Julkhaidar Romadhon mengatakan bahwa penyaluran beras bantuan pangan tahap II tersalurkan 100 persen kepada 92 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di OKU Raya.

"Realisasi penyaluran bantuan pangan periode September 2023 telah tersalurkan 100 persen dengan jumlah beras yang disalurkan sebanyak 922 ton," kata Kepala Bulog OKU, Jumat (6/10).

Dia mengatakan, OKU Raya tersebut meliputi tiga kabupaten yaitu OKU Induk sebanyak 232 ton, OKU Timur 380 ton dan Kabupaten OKU Selatan 309 ton.

Penyaluran bantuan pangan tersebut terus dimaksimalkan dengan melibatkan pemerintah kelurahan dan kecamatan di Kabupaten OKU agar tersalurkan sesuai target sasaran hingga periode November 2023.

Saat ini, kata dia, proses penyaluran masih dilakukan untuk periode Oktober 2023 dengan jumlah yang sama kepada warga yang berhak menerima bantuan. "Untuk realisasi penyaluran bulan ini sudah mencapai 27 persen atau sekitar 240 ton," ujarnya.

Dia menjelaskan, bantuan cadangan pangan tahap II ini sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi kekeringan akibat El Nino yang berdampak terhadap produksi pertanian.

Penyaluran beras cadangan pangan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang disalurkan bertahap selama tiga bulan periode September hingga November 2023.

Untuk OKU Raya sendiri, kata dia, pihaknya menyiapkan sekitar 2.800 ton beras dengan kualitas medium yang akan disalurkan kepada 92 ribu KPM di tiga kabupaten tersebut.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga pangan, khususnya pada komoditas beras yang saat ini sedang melonjak di pasaran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: