Cegah Ispa, HAR Bersama Forkopimda Bagikan Masker

Cegah Ispa, HAR Bersama Forkopimda Bagikan Masker

Pj Bupati didampingi Pj Ketua PKK Muara Enim membagikan masker kepada pengguna jalan.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Muara Enim turun langsung ke jalan memberikan masker kepada masyarakat dalam mencega penyakit ispa. Hal tersebut dilakukan sebagai sosialisasi dan stimulan agar masyarakat bisa mengunakan masker selama musim kemarau saat ini berdampak pada terjadinya karhutla.

Dalam pembagian masker tersebut Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali (HAR) dampingi Pj Ketua PKK Muara Enim turun langsung membagikan masker bersama dengan forkopimda dan Dinas Kesehatan dan para kepala OPD di lingkup Kabupaten Muara Enim di Jalan Ahmad Yani depan kantor Bupati Muara Enim.

Pj Bupati Muara Enim mengatakan bahwa penggunaan masker itu bukan sekedar karena Covid 19 seperti waktu itu tapi juga ini karena karhutla. "Kita bisa lihat banyak sekali asap dan bekas bakaran yang ada di udara, bisa saja itu terhisap, kalau dilihat di mikroskop itu banyak hal yang membahayakan," ujarnya.

BACA JUGA:Tangani Karhutla, Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Ekstrem

Lanjutnya, pembagian masker ini merupakan stimulan bagi masyarakat, sehingga masyarakat memahami dan menyadari pentingnya penggunaan masker saat ini.

"Apalagi prediksi BMKG hujan akan turun secara massif pada awal november, ini masih pertengahan, masih tiga minggu lagi," terangnya.

Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah, terutama anak anak dan orang tua.

"Agar kita tidak terkana penyakit seperti batuk batuk, ya setidaknya sampai cuaca lebih baik lagi," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila MkM mengatakan kasus ispa mengalami peningkatan, bahkan yang berat ada yang sampai meninggal dunia. "Kasusnya sampai saat ini ada enam orang meninggal dunia karena ispa berat, kami tidak bisa memastikan apakah itu karena kemarau dan asap namun karena kondisinya saat ini seperti itu jadi patut diduga," ungkapnya.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS & PPPK 2023 Diperpanjang Sampai 11 Oktober

Untuk itu, salah satu hal untuk mencegahnya yaitu dengan penggunaan masker dan saat ini dilakukan pembagian masker tersebar di seluruh kecamatan dan puskesmas yang ada di Kabupaten Muara Enim.

"Selain itu, untuk menjaga kesehatan juga perlu mengkonsumsi makanan bergizi sayur dan buah serta perbanyak mengkonsumsi air putih," tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: