Pastikan Relawan Satgas Karhutla Sehat dan Bugar, Nakes di OKI Ikut Ambil Peranan

Pastikan Relawan Satgas Karhutla Sehat dan Bugar, Nakes di OKI Ikut Ambil Peranan

Nakes Puskesmas Pedamaran Timur OKI ikut melakukan pemeriksaan kesehatan para relawan MPA Desa Gading Raja.-diansyah/palpos.id-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Guna memastikan relawan Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) tetap sehat dan bugar. Tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ikut ambil peranan.

Upaya pemadaman karhutla di Kabupaten OKI dilakukan secara kolaboratif. Tak hanya satgas yang berjibaku memadamkan api, para nakes pun turut andil.

Pada Selasa, (17/10/2023) kemarin, sejumlah  nakes dari Puskesmas Pedamaran Timur melakukan pemeriksaan kesehatan para relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Gading Raja, Kecamatan Pedamaran Timur.

BACA JUGA:FPK Diharapkan Mampu Memperkuat Bhinneka Tunggal Ika, Rajut Tenun Kebangsaan di Ogan Ilir

Kepala Puskesmas Pedamaran Timur, Dina Mardiana SST mengatakan, ini merupakan bentuk dukungan dan terima kasih atas upaya keras satgas serta relawan pemadam karhutla yang berjuang memadamkan api.

"Kegiatan pelayanan kesehatan bagi Satgas Karhutla ini telah dilakukan sebanyak dua kali. Pertama para anggota BKO Brimob dan Polda Sumsel, lalu kemarin kelompok MPA Desa Sumber Hidup, Kecamatan Pedamaran Timur," ungkapnya, Rabu (18/10/2023).

Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan bagi Satgas Karhutla menunjukkan betapa pentingnya dukungan dari masyarakat dalam penanganan karhutla yang saat ini sedang melanda OKI.

BACA JUGA:Waduh, Sejumlah Camat Abai Saat Rapat Evaluasi Karhutla, Ada yang Main HP, Ngobrol hingga Telponan

Kepedulian para nakes tersebut, mendapat apresiasi dari Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin. 

Menurutnya, kepedulian kepada petugas yang berjibaku dalam memadamkan api seperti yang dilakukan nakes Puskesmas Pedamaran Timur itu dapat menjadi inspirasi dan contoh baik bagi masyarakat lainnya.

"Kita sangat menghargai dan mengapresiasi upaya luar biasa dari rekan-rekan nakes. Tindakan itu memberikan semangat bagi anggota TNI, Polri, satgas dan relawan pemadam api.

BACA JUGA:2.577 Guru PPPK di Palembang Dapat Pembinaan, Ini Harapan Pj Walikota Palembang..

Ini adalah contoh nyata bagaimana masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan," ujarnya.

Listiadi pun turut berterimakasih, kepada seluruh pihak yang mendukung dan telah bekerja keras membantu dalam proses pemadaman karhutla di OKI. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: