Bantaran Sungai Rawan Banjir

Bantaran Sungai Rawan Banjir

Bantaran Sungai Rawan Banjir --

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Adanya hujan dalam beberapa hari terakhir membuat masyarakat harus waspada akan potensi banjir yang terjadi. Terutama di kawasan bantaran sungai dan juga perkotaan dengan dranase yang tidak terawat.

Palaksa BPBD Kabupaten Muara Enim H Abdurrozieq Putra ST MT mengatakan bahwa saat sudah ada beberapa kali hujan dengan disertai angin kencang.

“Artinya masyatakat harus waspada akan potensi banjir dan angin kencang yang bukan tidak mungkin merobohkan rumah ataupun pohon,” ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Proklim 2023 dari KLHK RI

Lanjutnya, hujan yang terjadi beberapa waktu terakhir sebenarnya bisa menjadi pengingat bahwa akan datang musim penghujan.

“Beberapa daerah harus waspada, seperti kawasan bantaran sungai, yang rawan itu seperti di kawasan Kecamatan Gunung Megang dan juga Kecamatan Belimbing,” bebernya.

Menurutnya, masyarakat yang berada di bantaran sungai tentu pada dasarnya sudah memahami dapat dilihat dari  bentuk bangunan yang rata rata panggung.

BACA JUGA:Jemput Bola ke Mahasiswa, Layanan Dukcapil Palembang Sekarang Ada di Kampus

“Kawasan perkotaan yakni di kecamatan Muara Enim juga rawan, penyebabnua karena saluran drainase yang tidak baik, mungkin tertutup sampah dan dangkal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, perlu dan kepada masyarakat harap bisa menjaga lingkungannya, jangan membuang sampah sembarangan.

“Selain banjir dan angin kencang, perlu juga mewaspadai potensi longsor seperti kawasan perbukitan dan termasuk bantaran sungai,” bebernya.

BACA JUGA:Kebijakan Jangan Merugikan Masyarakat Kecil

Untuk rawan longsor yakni di kawasan semendo raya yakni Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL), Semendo Darat Tengah (SDT) dan Semendo Darat Ulu (SDU) dan sebagian Kecamatan Panang Enim.

“Ya harap waspada, kondisi hujan ini merupakan pertanda akan masuknya musim penghujan,” tukasnya.

Lanjutnya, himbauan selalu diberikan kepada kecamatan kecamatan dengan potensi bencananya masing masing untuk waspada.

BACA JUGA:HAR Serahkan Kunci Bedah Rumah Kepada Ibu Hikmah Hayati

“Namanya bencana itu musibah, jadi diharapkan juga bisa berhati hari semisal tidak keluar rumah apabila cuaca buruk dan lain lain,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: