Kapolres Mendadak Turun ke Dua Sekolah Ini, Ini Yang Dilakukan !

Kapolres Mendadak Turun ke Dua Sekolah Ini, Ini Yang Dilakukan !

Kunjungan Kapolres ke SMA Negeri 4 Lubuklinggau-Foto humas polres Lubuklinggau-

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha, didampingi Sat Intelkam dan Samapta, Rabu 25 Oktober 2023, mendadak turun ke dua sekolah ini.

Kedua sekolah dimaksud  yakni Sekolah Tingkat Atas (SMA) Negeri 9 di Jalan Jend Pol Moch Hasan, Kelurahan Kayu Arah, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel).

SMA Negeri 4 di Siring Agung, Kelurahan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau, Sumsel.

BACA JUGA:Jadi Korban Tabrak Lari, Nenek Setia Meninggal di Rumah Sakit

Kunjungan ke dua SMA tersebut, ternyata berkaitan dengan keluhan ratusan guru yang mayoritasnya juga menjabat kepala sekolah atas ulah oknum yang mengatasnamakan media dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kapolres melalui rilis yang dilakukan humas Polres Lubuklinggau, menjelaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan tindak-lanjut dari hasil audiensi antara Polres Lubuklinggau dan PGRI Kota Lubuklinggau yang berlangsung pada Selasa, 24 Oktober 2023.

"Jadi ini sebagai salah satu upaya pencegahan tindakan intimidasi yang melibatkan oknum yang mengatasnamakan LSM atau wartawan di lingkungan sekolah," ujar Kapolres.

BACA JUGA:Oknum Mengatasnamakan Media dan LSM Terancam Ditindak Secara Hukum

Kunjungan pertama dilakukan ke SMAN 9 Kota Lubuklinggau. Disini Kapolres beserta rombongan disambut  langsung oleh Kepala sekolah Ibnu Mahdi beserta jajarannya.

Kemudian kunjungan ke dua dilakukan ke SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Kapolres juga disambut langsung oleh Kepala Sekolah Erwin Susanto dan jajarannya.

Dalam kunjungannya itu Kapolres memberikan himbauan serta saran kepada kepala sekolah dan jajarannya, tentang bagaimana tetap waspada dan proaktif dalam menangani permasalahan terkait adanya oknum yang mengatasnamakan LSM atau wartawan yang melakukan intimidasi.

BACA JUGA:Warga Ucapkan Terimakasih ke Satgas TMMD-118 Kodim 0406/Lubuklinggau

Pada kesempatan itu Kapolres juga menekankan langkah apa saja yang harus diambil bila mendapatkan intimidasi dari pihak-pihak yang tidak dikenal, terutama yang mengatasnamakan LSM atau wartawan. Salah satunya harus segera melaporkan ke Polres Lubuklinggau.

Dengan adanya laporan tersebut, kepolisian akan menindaklanjuti laporan tersebut dan memberikan perlindungan yang diperlukan.

Tidak hanya itu, Kapolres memberikan beberapa saran praktis dalam menjaga keamanan sekolah.

BACA JUGA:Diselimuti Kabut Asap Bukit Sulap Hilang dari Pandangan, Belajar Mengajar di Lubuklinggau Dipersingkat

Diantaranya adalah memastikan identitas tamu yang datang dengan jelas. Menyiapkan buku tamu sebagai catatan kedatangan tamu. 

Memastikan kamera pengawas atau CCTV aktif, dan kepala sekolah sebaiknya didampingi oleh beberapa dewan guru lainnya saat menyambut tamu.

"Ini adalah langkah-langkah untuk menjaga transparansi atas apa yang dibahas selama kunjungan tamu," jelas Kapolres.

BACA JUGA:Karhutla Jadi Atensi Pj Gubernur Sumsel

Dikatakan Kapolres, pihaknya  juga akan melakukan patroli secara acak tanpa waktu yang pasti di dekat sekolah-sekolah sebagai langkah preventif dan pencegahan tindakan yang tidak diinginkan.

"Patroli akan dilakukan dari Satuan Samapta maupun dari Polsek di wilayah masing-masing sekolah," ujarnya.

Dikatakan Kapolres kegiatan sambang sekolah ini akan terus dilakukan sebagai wujud nyata tindakan kepolisian yang dilakukan oleh Polres Lubuklinggau untuk menjaga situasi kamtibmas di Kota Lubuklinggau tetap kondusif. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: