Jelang Pemilu 2024, Perekaman dan Pencetakan E-KTP di Prabumulih Meningkat

Jelang Pemilu 2024, Perekaman dan Pencetakan E-KTP di Prabumulih Meningkat

Jelang Pemilu 2024, Perekaman dan Pencetakan E-KTP di Prabumulih Meningkat--

SUMATERA SELATAN,PALPOS.ID - Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden serta pemilu legislatif, antusias masyarakat melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kota Prabumulih, mengalami peningkatan.

“Memang benar saat ini terjadi peningkatan perekaman e-ktp,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) kota Prabumulih, Haryadi Kori SH MH, kepada wartawan.

Namun meskipun mengalami peningkatan sambung Haryadi, masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan stok blangko seperti yang kerap terjadi selama ini. Pasalnya menurut Haryadi, saat ini stok blangko di Disdukcapil Prabumulih cukup banyak.

BACA JUGA:Berdayakan Masyarakat Melalui ‘Raden Mas Prabu’, Transformasi Serat Daun Nanas Menjadi Kain Tenun yang Mewah

“Dak perlu khawatir, stok blangko di kita banyak ada sekitar lima ribuan blangko e-ktp,” ujar Kadisdukcapil seraya mengatakan sebagian besar yang melakukan perekaman dan pencetakan e-ktp tersebut merupakan pemilik KTP pemula alias anak-anak muda.

Dikatakannya pula, karena banyaknya ketersediaan stok blangko e-ktp tersebut saat ini pihaknya juga melayani pencetakan fisik e-ktp bagi masyarakat yang hendak mencetak ulang karena e-ktp nya rusak ataupun hilang dan lainnya.

“Jadi bagi masyarakat yang KTP nya rusak atau mengganti status atau data dalam E-KTP dapat mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil disetiap hari kerja. Apabila stoknya masih tersedia, akan kami cetakan langsung,” tuturnya.

BACA JUGA:Amankan Pemilu 2024 Personel Polres Prabumulih Tak Dibekali Senjata Api

Lebih lanjut Kadisduk Capil, Haryadi Kori juga mengajak dan mengimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP agar segera melakukan perekaman.

Bagi yang hendak melakukan perekaman e-ktp dapat mendatangi langsung operator yang ada disetiap kecamatan masing-masing sesuai tempat dimana berdomisili.

"Anak sekolah yang baru masuk usia KTP, kalau yang tua tua tidak banyak lagi yang datang merekam. Biasanya ramai kalau libur anak sekolah atau hari Senin sampai Rabu," ucapnya.

BACA JUGA:Kunjungan Presiden Jokowi ke Prabumulih Batal

Masih kata Haryadi, saat ini Disdukcapil Kota Prabumulih makin rutin mendatangi OPD dan sekolah untuk mensosialisasikan KTP Digital. Tak hanya itu perekaman KTP jemput bola di sekolah juga masih dilakukan oleh pihak Disdukcapil Kota Prabumulih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: