Sah, KPU Kota Prabumulih Tetapkan 398 Caleg DPRD Prabumulih

Sah, KPU Kota Prabumulih Tetapkan 398 Caleg DPRD Prabumulih

Sah, KPU Kota Prabumulih Tetapkan 398 Caleg DPRD Prabumulih --

SUMATERA SELATAN,PALPOS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), di ruang rapat KPU Kota Prabumulih, Jumat (03/11) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah SIP dan dihadiri seluruh komisioner dan juga sekretaris KPU Prabumulih itu, menetapkan sebanyak 398 Daftar Calon Tetap (DCT) alias Calon Legislatif DPRD Kota Prabumulih pemilu 2024.

“Hari ini, KPU Kota Prabumulih melakukan pleno penetapan daftar calon tetap DPRD Kota Prabumulih. Alhamdulillah berjalan lancar, untuk total (DCT) sebanyak 398 daftar calon tetap DPRD Kota Prabumulih,” ungkap Marjuansyah SIP, ketika diwawancarai usai rapat pleno, Jumat (03/11).

BACA JUGA:Geledah Rumah Kontraktor, Penyidik Kejari Prabumulih Keluar Bawa Kotak Kardus

Dijelaskan Marjuansyah, jumlah DCT yang telah ditetapkan tersebut berkurang dari jumlah Daftar Calon Sementara (DCS) lantaran ada beberapa bacaleg yang mengundurkan diri dan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Dari sebelumnya ketika kita tetapkan DCS beberapa waktu lalu, itu sekitar 402 DCS. Tapi dalam perjalanan ketika percematan dan verifikasi kembali sebelum penetapan ada beberapa bacaleg dari beberapa partai yang mengundurkan diri dan tidak memenuhi syarat lagi,” ujarnya.

Bacaleg yang mengundurkan diri dan tidak memenuhi syarat tersebut kata Marjuansyah, berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai HANURA, Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional (PAN). “Yang terakhir itu dari PAN mengundurkan diri,” ucapnya.

BACA JUGA:KPU Prabumulih Terima Segel Pemilu

Dengan mundurnya beberapa caleg tersebut sambung Marjuansyah, tidak dapat lagi digantikan.

“Tidak bisa lagi melakukan perubahan ataupun pergantian, sehingga ditetapkan berkurang bacalegnya,” bebernya seraya menuturkan dengan telah ditetapkan DCT, maka pihaknya akan segera mencetak surat suara.

“Beberapa hari ini kita sudah mulai memproses produksi surat suara, nah kebetulan juga kita kemarin baru saja memberitahukan ke semua partai politik untuk mencermati kembali apakah nomor urut, lambang partai dan nomor urut serta nama caleg sudah betul, sehingga nanti ketika kita cetak surat suaranya tidak terjadi kesalahan. Alhamdulillah hasil pencermatan bersama parpol, tidak ada kesalahan,” tuturnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: