HAR Borong Es Serut Bunga Telang

HAR Borong Es Serut Bunga Telang

Pj Bupati memborong produk UMKM es serut bunga telang sekolah SDIT Serasan Sekundang.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali (HAR), meresmikan kegiatan Gebyar UMKM Koperasi Expo dan Festival Tari & Budaya Kabupaten Muara Enim dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77 tahun 2023, di Gor Pancasila Kabupaten Muara Enim, Sabtu (18/11).

Tampak Pj Bupati di dampingi Pj Ketua TP PKK dan Kepala Dinas Pendidikan melihat stand UMKM.

Selain itu, Pj  Bupati juga memborong es serut bunga telang yang dibikin secara alami bagus banyak memiliki manfaat untuk kesehatan yang dibuat oleh Kelas Ar-Rahman SDIT Serasan Sekundang Muara Enim.

Turut Hadir dalam acara tersebut Unsur Forkominda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Opd, Ketua TP PKK, Gabungan Organisasi Wanita, Serta Pemerintah Lingkungan Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Tentara Cilik SDIT Serasan Sekundang Siap Bantu Palestina

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Muara Enim yang jatuh pada 20 November mendatang.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dan seniman lokal untuk mengembangkan potensi dan kreativitas mereka. Karena inovasi makanan yang dibuat mengunakan bahan alami dan tidak mengunakan bahan perwarna buatan.

“Selain memberikan sarana promosi bagi produk lokal dari para pelaku UMKM, kegiatan ini juga sebagai wadah pertemuan untuk saling bertukar informasi mengenai produk-produk unggulan UMKM dari tiap-tiap kecamatan. Saya berharap UMKM di Kabupaten Muara Enim semakin tumbuh dan maju melalui upaya-upaya kreatif dengan mengangkat potensi lokal yang beragam dan inovatif sehingga harapan 'UMK Unggul, Naik Kelas, Go Internasional dapat kita capai,” ujar Pj Bupati.

BACA JUGA:Karnaval Budaya Geliatkan Ekonomi dan Pariwisata

Pj Bupati juga menyampaikan bahwa kegiatan Festival Tari dan Budaya yang dikemas dalam kegiatan Muara Enim Education dan Culture Festival (MEC Fest) merupakan sarana merangkul masyarakat luas dalam mengenal dan mencintai kesenian dan kebudayaan daerah Bumi Serasan Sekundang serta kesadaran dalam menjaga maupun melestarikannya.

 “Kemudian hari ini kita laksanakan pula Pagelaran Seni Tari dan Budaya yang juga turut menyemarakkan kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77 Tahun,” tutur Pj Bupati.

Pj Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas persiapan yang telah dilakukan semua pihak, termasuk dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77 Tahun.

BACA JUGA:Dukung Dunia Pendidikan, PT SBS Hadir Dalam ISMG 2023

Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

 “Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan sasaran yang diharapkan. Dirgahayu Kabupaten Muara Enim. Selamat Hari Jadi ke-77 Tahun,” pungkas Pj Bupati.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Embran Tabrani, yang juga hadir dalam acara tersebut, melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menfasilitasi pelaku UMKM dalam memasarkan, mempromosikan dan memperkenalkan berbagai produk UMKM Kabupaten Muara Enim, sebagai upaya dukungan teknis dalam mengentas kemiskinan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Muara Enim serta menjadikan Koperasi yang modern dan UMKM naik kelas dan berdaya saing.

BACA JUGA:Jadikan Aksara Ulu Muatan Lokal

Kemudian Festival Seni dan Budaya melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan seni tradisional, mengekspresikan kreativitas pelaku seni dalam menciptakan tarian.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18 November sampai dengan 20 November 2023 bertempat di Plaza GOR Pancasila Kabupaten Muara Enim. Peserta Gebyar UMKM dan Koperasi melalui kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha Kecil Menengah terdiri dari pelaku usaha yang berada di Kabupaten Muara Enim. Ada 50 stand (100 UKM) 50 stand kecamatan, perusahaan, organisasi dan UMKM. Peserta Festival Tari dan Budaya berasal dari 18 sanggar tari dengan jumlah penari dari masing-masing sanggar 10 orang penari, yang berada di seluruh kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan dibawah binaan Dikbud,” papar H Embran.

Kegiatan Gebyar UMKM dan Festival Tari & Budaya ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, seniman, dan masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muara Enim.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: