Ini Dia 7 Cara Menanam Microgreens, Sayuran Imut Kaya Nutrisi

Ini Dia 7 Cara Menanam Microgreens, Sayuran Imut Kaya Nutrisi

Ini Dia 7 Cara Menanam Microgreens, Sayuran Imut Kaya Nutrisi.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LIFESTYLE, PALPOS.ID - Tanaman microgreens adalah tunas dari berbagai jenis sayuran yang dipanen saat berusia 14-21 hari setelah disemai. 

Microgreens tidak sulit untuk dibudidayakan. Bisa dilakukan di rumah, dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Cara menanam microgreens

1. Media tanam

Yang perlu diersiapkan pertama kali saat hendak bertanam microgreens adalah media tanam. Bebas memilih media tanam sesuai dengan kebutuhan. Media tanam yang paling cocok untuk microgreens adalah rockwool, cocopeat atau sekam bakar.

Campur media tanam dengan pupuk untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perbandingan media tanam dengan pupuk adalah 1:1, atau satu sekop media tanam dicampur dengan satu sekop pupuk. Jika ingin memilih rockwool, maka perlu mencampur media tanam seperti tanah dan sekam bakar dengan pupuk.

BACA JUGA:Belimbing Wuluh: Keajaiban Rasa Masam yang Menyimpan Kesehatan Luar Biasa

BACA JUGA:Ini Dampak Serius Bagi Kesehatan Kucing, Perhatikan Hal Berikut Agar Kucing Anda Sehat dan Bugar

2. Siapkan peralatan

Siapkan wadah dengan ukuran yang agak besar seperti nampan, kemudian lubangi wadah tersebut untuk saluran air. Alat lainnya yang diperlukan adalah gunting untuk memanen.

Siapkan juga alat semprot untuk menyiram microgreens. Tanaman ini tidak bisa disiram dengan air secara langsung, karena akan menyebabkan tanaman roboh, karena microgreens memiliki struktur batang yang lunak. Kalau mau menyiramnya cukup dengan cara disemprot saja.

3. Siapkan benih

Benih untuk menanam microgreens sama dengan benih sayuran pada umumnya. Pilih benih sayuran sesuai dengan keinginan, seperti bayam, kangkung, dan juga brokoli.

Setiap benih memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran benih bayam dan brokoli lebih kecil, bisa lansung disemai dalam tray. Untuk benih berukuran besar seperti kacang perlu direndam terlebih dahulu 6-12 jam untuk mendapatkan benih yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: