Tingkatkan SDM, Ratusan Perangkat Desa Ikuti Bimtek

Tingkatkan SDM, Ratusan Perangkat Desa Ikuti Bimtek

Tingkatkan SDM, ratusan perangkat desa ikuti bimtek.-Foto: Febi-

MUARA ENIM, PALPOS. ID  - Dalam rangka menigkatkan SDM perangkat desa, sebanyak 120 Kasi Pemerintahan se-Kabupaten MUARA ENIM mengikutin Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Bagi Kasi Pemerintahan Desa Tahun 2023 di Hotel Griya Serasan Sekundang MUARA ENIM, Senin (27/11).

"Saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan terima kasih kepada para narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk hadir bersama kami untuk berbagi ilmu dan memberikan pemahaman bagi Pemerintah Desa khususnya bagi Kasi Pemerintahan Desa dalam Kabupaten MUARA ENIM," ujar Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten MUARA ENIM Drs Rahmat Noviar, MSi yang mewakili Bupati MUARA ENIM.

Menurut Rahmat Noviar, bahwa setiap desa dianugrahi potensi yang beraneka ragam yang dapat dijadikan sebagai modal dalam melaksanakan pembanggunan demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. Sesuai dengan penjelasan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

BACA JUGA:IDI Cabang Muara Enim Gelar Bakti Kesehatan, Dukung Peningkatan SDM dengan Beasiswa

Dimana pemerintah desa dan masyarakat desa bersama-sama melaksanakan pendekatan untuk membangun desa dengan semangat gotong royong serta memanfaatkan kearipan lokal dan sumber daya alam desa yang ada demi tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus melakukan berbagai sosialisasi, edukasi, pendampingan maupun bimbingan teknis kepada para aparatur pemerintahan desa, seperti halnya kegiatan kita laksanakan pada hari ini.

Untuk itu, lanjut Rahmat Noviar, semoga dengan mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa ini peserta dapat mengetahui tentang peran penting Administrasi Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, sebab administrasi desa merupakan instrumen pemenuhan kebutuhan masyarakat desa.

BACA JUGA:Muara Enim Gelar Uji Publik II KLHS RPJPD

Pihaknya berharap melalui Bimbingan Teknis ini setiap Aparatur Desa mengetahui tentang Administrasi Desa baik dari proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan sehingga nantinya dapat aplikasikan dan diimplementasikan di desa dan ruang kerja masing-masing sehingga terwujudnya visi dan misi pemerintah Kabupaten Muara Enim.

"Selamat belajar mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Tahun 2023 dengan sebaik-baiknya, manfaatkan kehadiran para narasumber dengan menggali ilmu serta jangan malu untuk bertanya dan belajar," harapnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: