Karang Taruna, Organisasi Sosial dan PSM Dilatih Berwirausaha

Karang Taruna, Organisasi Sosial dan PSM Dilatih Berwirausaha

Staf Ahli Irawan Supmidi SPd SMn MM didampingi Kadinsos menyematkan tanda peserta pelatihan bimbingan usaha bagi Karang Taruna, Organisasi Sosial dan Pekerja Sosial Masyarakat Kabupaten Muara Enim tahun 2023.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Sebanyak 30 peserta yang berasal dari Karang Taruna, Organisasi Sosial dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kabupaten Muara Enim, mengikuti Pelatihan Bimbingan Usaha bagi Karang Taruna, Organisasi Sosial dan Pekerja Sosial Masyarakat Kabupaten Muara Enim tahun 2023.

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (29/11).

Adapun pelatihan diikuti 30 peserta, yang terdiri dari 6 orang dari Karang Taruna dan 24 orang dari Organisasi Sosial. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Irawan Supmidi SPd SMn MM.

BACA JUGA:Muara Gula Baru Percontohan Desa Antikorupsi Tingkat Nasional

Dalam sambutannya, Irawan menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinsos Muara Enim ini memainkan peranan penting dalam menciptakan lapangan kerja, inovasi, dan pertumbuhan ekonomi.

Karena bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada peserta agar dapat mengembangkan usaha yang inovatif dan berkelanjutan di tengah perkembangan teknologi yang pesat.

Irawan mengharapkan melalui pelatihan dan transfer ilmu yang dilakukan ini dapat memberikan motivasi dan menjadi penggerak bagi pemula untuk berwirausaha serta membangkitkan semangat peserta untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA:Bantu Budidaya Ikan Lele

Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk memahami konsep dan strategi kewirausahaan yang relevan dengan  zaman sekarang.

Selain itu, Irawan juga berharap melalui pelatihan ini dapat tumbuh wirausaha handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan masyarakat, serta akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah, dengan harapan mampu menjadi pemicu percepatan target pengentasan kemiskinan.

"Kepada para peserta pelatihan, ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat bermanfaat dalam menjalankan tugas sebagai Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS)," ujarnya.

BACA JUGA:Job Fair SMKN 2 Jadi Daya Tarik Pelamar

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Muara Enim Drs Bhakti MSi didampingi Plt Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Roesmala Dewi S ST, menyampaikan bahwa maksud dari pelatihan ini untuk memacu semangat kerja Karang Taruna dan Organisasi Sosial, agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara baik, terencana, terarah dan berkesinambungan, serta penuh tanggung jawab dalam usaha kesejahteraan sosial. 

Sedangkan  tujuannya  untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis peserta.

Roesmala menambahkan, narasumber dalam kegiatan pelatihan ini berasal dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim. Untuk metode kegiatan menggunakan ceramah/penguatan materi sebanyak 100 persen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: