Ratuan Relawan Damkar di OKU Resmi Dikukuhkan

Ratuan Relawan Damkar di OKU Resmi Dikukuhkan

Kepala Dinas Damkar OKU, Aminilson. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Sebanyak 300 Relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) resmi dibentuk dan dikukuhkan. Selain pengukuhan, dalam kegiatan tersebut juga diadakan pembinaan kepada para relawan Damkar oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten OKU.

Kepala Dinas Damkar OKU, Aminilson mengatakan, pengukuhan ini diharapkan dapat melakukan pencegahan dini terhadap bahaya kebakaran. Kemudian, para relawan juga diharapkan mampu dan mengerti jika kebakaran bukanlah hal biasa yang dianggap sepele.

"Sementara ini ada 300 relawan Damkar yang dikukuhkan, perwakilan dari desa/ kelurahan yang masing-masing dua orang," kata Aminilson, Minggu (3/12/2023).

BACA JUGA:Beri Bantuan Ke Pelaku Usaha Mikro di OKU

Sambung dia, ini juga dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat terhadap ancaman bahaya kebakaran. "Jadi disamping itu mereka menjadi ujung tombak kita apabila terjadi kebakaran. Sebelum api timbul atau membesar, mereka ini sudah action duluan dan siap untuk pencegahan di desanya masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengatakan akan mengusahakan insentif untuk para relawan Damkar di tahun 2024. Karena menurutnya peran relawan Damkar ini sangat mulia yang rela bekerja tanpa pamrih.

BACA JUGA:Transformasi Gagah Suzuki Every: Modifikasi Menarik dari Tuner T-Style

"Jangan berkecil hati, kami selaku Pemerintah tidak akan lepas tangan. Mudah-mudahan tahun depan para relawan ini sudah bisa menerima insentif," beber Teddy.

Selanjutnya, Teddy juga berpesan agar para relawan Damkar untuk multitalenta di era modern saat ini. "Yang biasanya hanya memadamkan api, sekarang Damkar dituntut untuk menyelesaikan masalah lainnya, seperti evaluasi anak kecil masuk siring, kucing diatas pohon, bahkan cincin yang tidak bisa dilepaskan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: