Hindari Mencampurkan Gula, Susu, dan Krim Pada Teh dan Kopi

Hindari Mencampurkan Gula, Susu, dan Krim Pada Teh dan Kopi

Hindari Mencampurkan Gula, Susu, dan Krim Pada Teh dan Kopi.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Konsumsi kafein yang tidak berlebihan dapat menurunkan berat badan dan memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat faktor usia. 

Manfaat teh untuk kesehatan

Teh merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein. Jika dikonsumsi dalam takaran yang pas, teh akan memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, serta diabetes.

Berdasarkan hasil penelitian, peminum teh berisiko lebih rendah terpapar gangguan jantung dan stroke. 

Penelitian lainnya menyebutkan, mengonsumsi teh hijau dapat membantu tubuh mengendalikan glukosa dalam darah dan melindungi hati dari kerusakan.

BACA JUGA:Sawo, Manis Rasanya Semanis Manfaatnya untuk Kesehatan

BACA JUGA:Sambut HUT ke 128, BRI Prabumulih Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Donor Darah

Manfaat kopi untuk kesehatan

Mengonsumsi kopi akan bermafaat jika dikonsumsi dalam takaran yang pas. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang mengonsumsi kopi tiga sampai lima cangkir sehari, akan megurangi risiko kematian akibat penyakit tertentu. Seperti kardiovaskular, diabetes serta parkinson.

Kafein yang terkandung dalam kopi diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan dan menangkal rasa kantuk serta meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu membakar kalori.

Efek samping teh bagi tubuh

Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan tannin dalam teh dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi teh secara berlebihan dapat menurunkan penyerapan zat besi sebesar 62 persen.

Teoflin, senyawa yang terkandung dalam teh juga dapat membuat efek dehidrasi yang dapat menyebabkan konstipasi  jika teh dikonsumsi secara berlebihan. Berdasarkan hasil penelitian konsumsi teh berlebihan dapat melipatgandakan risiko kanker prostat pada pria.

BACA JUGA:Daun Sambung Nyawa, Rahasia Kesehatan dari Tanaman Ajaib yang Merawat Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: