Pengelolaan SDM PGN Subholding Gas Unggulkan Program Pengembangan Kompetensi dan Adaptasi Digital

Pengelolaan SDM PGN Subholding Gas Unggulkan Program Pengembangan Kompetensi dan Adaptasi Digital

Pengelolaan SDM PGN Subholding Gas Unggulkan Program Pengembangan Kompetensi dan Adaptasi Digital.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BISNIS, PALPOS.ID – Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk terus mendukung upaya pemerintah dalam pemenuhan energi dan pengembangan gas bumi tanah air dengan mengimplementasi Human Capital Management.

Aspek Human Capital dianggap berperan penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis Perusahaan. 

Aspek pengembangan kompetensi teknis, pengembangan kepemimpinan dan literasi digital menjadi hal yang diutamakan dalam pengelolaan Human Capital.

PGN secara Group tercatat mempunyai 3.316 Pekerja hingga Triwulan 3 2023 yang sebagian besar merupakan generasi Millennial. 

BACA JUGA:PGN Subholding Gas Pertamina Menegaskan Komitmennya pada Bisnis Berkelanjutan

BACA JUGA:IMOC Mudahkan Pelanggan Sampaikan Keluhan ke PGN

Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut dikelola dengan menerapkan Strategi Human Capital diantaranya adalah build the leaders, build the work environment, dan build the organization.

“Dengan pengalaman PGN selama 58 tahun sebagai badan usaha pengelola gas bumi nasional, peran SDM sangat primer untuk mendukung pencapaian kinerja operasi maupun finansial. Maka, SDM PGN Group senantiasa diasah agar mampu berkontribusi terhadap pencapaian tersebut. Termasuk menjawab dinamika bisnis saat ini yang sangat erat dengan digitalisasi, SDM PGN Group harus mampu beradaptasi dan cakap dengan hal itu,” jelas Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN Beni Syarif Hidayat yang baru-baru ini didapuk sebagai The Best Human Capital Director Of The Year (Energy Industries) dalam ajang Human Capital and Performance Award 2023 yang diselenggarakan Majalah Business News.

Beni melanjutkan bahwa PGN bersungguh-sungguh dalam mengoptimalisasi tenaga kerja seiring pertumbuhan bisnis gas bumi dan tantangan pengelolaan energi di masa depan. 

Optimalisasi tersebut fokus pada peningkatan produktivitas, kualitas kinerja, dan efisiensi. SDM PGN diasah agar memiliki keunggulan yang kompetitif, adaptif dan berkelanjutan. 

BACA JUGA:Mulai Rp 3,6 Juta Jaringan Gas PGN Membantu Pelaku Usaha Lebih Hemat

BACA JUGA:PGN Meraih Dua Penghargaan Bergengsi di Ajang Keterbukaan Informasi Digital 5.0 2023 

“Selain menjalankan peran dan fungsi di masing-masing unit kerja, SDM PGN mendapatkan fasilitas dari HCM untuk mengasah pengetahuan, kompetensi, dan inovasi pekerja melalui serangkaian program capacity development. Kompetensi mengenai bisnis perusahaan adalah utama. Kami laksanakan secara terstruktur, berjenjang, dan berkelanjutan dengan menggunakan metode komprehensif 70:20:10, di mana 70% disampaikan melalui Experiential Learning, 20% Coaching atau Mentoring, dan 10% program in class training,” jelas Beni. 

Program tersebut dilaksanakan untuk mendukung pencapaian target bisnis Perusahaan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang dan dimulai saat Pekerja baru masuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: