Hebat ! Setelah Rakit Pesawat, Pemuda Tulung Selapan OKI Ciptakan Kapal Pembersih Sampah

Hebat ! Setelah Rakit Pesawat, Pemuda Tulung Selapan OKI Ciptakan Kapal Pembersih Sampah

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Tidak ada yang tak mungkin di dunia selama masih ada keinginan dan usaha disana pasti ada jalan.

Kata-kata bijak yang pegang teguh Yudi Pratama pria asal Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Bermodal kemauan dan kerja keras, Guru honorer salah satu SMK Negeri di Kabupaten OKI ini menjemput mimpinya dan berhasil membuat berbagai inovasi.

BACA JUGA:FKP 2023, Incubator Anak Muda Kreatif Kabupaten OKI

Namanya Yudi Pratama. Sosoknya ramah, dan tak pelit bicara saat diminta menyampaikan keterangan oleh awak media mengenai inovasi buatannya pada acara Festival kreativitas pemuda Kabupaten OKI di Kayuagung, Jum’at, (8/12/23).

Pemuda asal Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumsel tersebut merupakan inovator beberapa karyanya sudah memenangkan kompetisi tingkat Provinsi Sumsel.

“Tahun 2021 memenangkan kompetisi inovator Sumsel berupa pesawat aeromodelling untuk membantu pemadaman kebakaran lahan,Tahun 2022 membuat pesawat Air Bus” terang Yudi.

BACA JUGA:Bawaslu OKI Imbau Kontestan Politik Tidak Pasang APK di Pohon, Ini Dampaknya!

Tahun ini guru SMK Negeri 1 Tulung Selapan itu membuat kapal pembersih sungai.

Pembuatan kapal pembersih sungai ini terang Yudi beranjak dari keprihatinannya pada kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di sungai dan menjadi penyumbang besar angka pencemaran air sungai.

“Kesadaran masyarakat di Desa masih rendah. Mereka membuang sampah ke sungai padahal membuang sampah di sungai dapatmenjadi sumber banyak penyakit seperti diare, disentri, tifus, kolera dan berbagai jenis penyakit lainnya,” terang dia.

BACA JUGA:24 Anggota Jama'ah Islamiyah Kabupaten OKI Dilepas Baiat

Kapal bautan Yudi menggunakan sistem lambung tiga, di mana lambung utama berada di tengah yang juga menjadi bagian dari mesin kapal, ruang sampah dan ruang kendali.

Lambung kiri dan kanan yang dipasang jaring penangkap sampah. Kapal tersebut menggunakan kendali remote control dengan jarak mencapai 3 Km. Cara kerja kapal tersebut terbukti efektif.

Dalam 8 jam beroperasi mampu mengangkut hingga ratusan kilo sampah. Ini tentu sangat memudahkan mengumpulkan sampah yang ada di perairan kotor.

BACA JUGA:24 Anggota Jama'ah Islamiyah Kabupaten OKI Dilepas Baiat

Kemampuan Yudi membuat pesawat dan kapal hanya dengan bekal pengetahuan yang dia peroleh dari internet dan saluran YouTube.

"Memang terinspirasi, dari kecil ingin ciptakan pesawat, belajar dari internet lalu ikut juga komunitas-komunitas online" Kata Yudi.

Kendati tamatan SMA Umum, Yudi yang berprofesi sebagai montir dan guru honorer ini terus berinovasi.

BACA JUGA:OKI Darling’ Layanan Digital Dongkrak Kinerja ASN

Dunia maya menjadi tempat dia belajar membuat perhitungan untuk menciptakan sayap pesawat serta tenaga yang dibutuhkan untuk menerbangkan pesawat.

Yudi menuturkan, hal yang sulit dalam proses pembangunan pesawat maupun kapal adalah membuat kalkulasi yang tepat mengenai kekuatan tenaga pendorong, beban pesawat dan kapal, ukuran sayap, serta pembuatan kemudi dan roda pesawat.

"Memang itu yang paling sulit, hitung-hitungannya," kata dia.

BACA JUGA:Mantan Kepala SMPN 1 Pedamaran Enggan Lengser Meski Sudah Dicopot

Yudi mempelajari semua perhitungan itu dari YouTube.

"Merakit kerangka pesawatnya pun dari Youtube, bahkan belajar jadi pilot pun dari Youtube semua," kata dia.

Viral di Tiktok, Banjir Pesanan hingga Luar Negeri.

BACA JUGA:Buaya Menampakkan Diri Jadi Tontonan, Warga Takut Mandi di Sungai Komering

Selain pesawat dan kapal pembersih sungai, Yudi kini sudah pandai berbisnis. Berbekal pengetahuan dan kreativitasnya, dia membuat speed boat RC yang laku di pasaran.
.
“Kalau speed boat mini itu awalnya viral di tiktok, lama kelamaan banyak yang pesan minta buatkan. Bahkan di dusun kami (Tulung Selapan) ada perlombaannya.” Terang Yudi.
.
Berkat media sosial juga, inovasi Yudi dilirik oleh konsumen dari luar negeri.

BACA JUGA:Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Meningkat, Ini Harapan Warek Uniski

“Ada yang pesan lewat tiktok dari negara tetangga. Alhamdulilah kini banjir orderan” terang dia.

Speed boat mini yang dibuat Yudi memang orisinil. Bentuknya seperti Speed Boat Kayu yang banyak digunakan oleh masyarakat perairan Tulung Selapan, Air Sugihan hingga Kepulauan Bangka.

“Menurut mereka (konsumen) karena bentuknya.*/ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: