Mau Tulang Tetap Sehat Dengan Makan Ceker Ayam

Mau Tulang Tetap Sehat Dengan Makan Ceker Ayam

Ini Dia 5 Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen sangat memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah munculnya kerutan pada kulit serta pengeroposan tulang.

Kolagen merupakan protein yang terdapat pada kulit, tulang, tendon, otot dan ligamen. Tubuh dapat memproduksi kolagen secara alami. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen yang diproduksi tubuh menurun. 

Hal itulah yang membuat kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen karena protein ini diperlukan untuk berbagai macam fungsi tubuh seprti menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, meningkatkan massa otot, mencegah pengeroposan tulang, serta memlihara kesehatan jantung.

Makanan  tinggi kolagen

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Hal ini karena tulang memiliki jarimgan ikat yang ketika direbus dapat menghasilkan kolagen dan nutrisi lainnya sepeeti asam amino, magnesium serta fosfor.

BACA JUGA:10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Salah Satunya Mencegah Kanker

BACA JUGA:Jangan diangap Remeh,Ini 9 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan: Kunci Kebugaran Tubuh

Banyaknya kandungan kolagen yang terdapat pada setiap kaldu tulang berbeda, tergantung pada kualitas tulang yang direbus. Tulang yang bisa menghasilkan kolagen yaitu tulang sapi, tulang kambing, tulang ayam kalkun serta tulang ayam.

2. Ayam

Produksi kolagen dapat meningkat saat mengonsumsi daging ayam. Daging ayam yang tinggi akan kandungan protein asam amino, yang diperlukan tubuh untuk memprodukdi kolagen. Bagian daging ayam yang mengandung kolagen tinggi, yaitu kaki atau ceker, leher dan tulang rawan.

3. Ikan

Untuk meningkatkan kolagen pada tubuh, dianjurkan mengonsumsi ikan beserta kulitnya. Hal itu dikarenakan ikan mengandung prolin dan kulitnya mengandung glisin. Kedua kandungan tersebut diperlukan untuk menghasilkan kolagen.

Selain kolagen, ikan juga mengandung omega  3 yang tinggi serta vitamin D. Mengonsumsi ikan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: