Volume Sampah Palembang 1.200 Ton/Hari, Armada Sampah Masih Belum Cukup

Volume Sampah Palembang 1.200 Ton/Hari, Armada Sampah Masih Belum Cukup

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menyerahkan simbolis kunci 15 armada sampah kepada Pj Walikota Palembang, H Ratu Dewa.--kominfo palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID- Penjabat (Pj) Walikota Ratu Dewa menerima sebanyak 15 unit mobil kebersihan yang diserahkan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni, di Halaman Griya Agung, Jumat 15 Desember 2023.

Belasan mobil kebersihan tersebut terdiri dari 10 unit dump truck dan 5 unit truck jenis arm roll. 

Mobil-mobil ini diharapkan akan menjadi solusi dalam mengangkut sampah di seluruh wilayah Kota Palembang.

BACA JUGA:4 BUMN di Palembang Daftarkan Pensiunan ke BPJS Kesehatan, Ini Harapannya..

Pj Walikota Ratu Dewa menyampaikan bahwa ini merupakan penyerahan mobil bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, tetapi anggarannya dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

"Total mobil yang kita terima hari ini sebanyak 15 unit. Meskipun ini merupakan langkah positif, namun kita masih menghadapi banyak tantangan dalam menanggulangi masalah sampah di Kota Palembang," ujar Ratu Dewa.

Menurutnya, Kota Palembang seharusnya memiliki 245 mobil armada pengangkut sampah, namun saat ini baru memiliki 131 unit. 

BACA JUGA:Weekend Tinggal 2 Hari Nih, Yuk Masukkan De Alahan Glamping ke Daftar Tempat Liburanmu, Ini 5 Kelebihannya

Dari jumlah tersebut, 66 mobil di antaranya sudah tidak layak pakai. 

Ia berharap ada penambahan armada ke depannya, mengingat volume sampah di Kota Palembang mencapai 1.200 ton per harinya.

"Kemarin melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), kita berhasil menganggarkan 10 mobil tambahan," tambahnya.

BACA JUGA:Keajaiban dari Tanaman Berkhasiat Tinggi, Ini 7 Manfaat Akar Bajakah Kalimantan, Bisa Mencegah Kanker

Ratu Dewa menyadari pentingnya armada yang selalu siap sedia untuk menangani sampah, mengingat volume sampah yang tinggi di Kota Palembang.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, menjelaskan bahwa provinsi selalu mendukung setiap upaya kabupaten/kota dalam penanganan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: