Massage Efflurage Meredakan Rasa Nyeri Menstruasi pada Remaja Putri

 Massage Efflurage Meredakan Rasa Nyeri Menstruasi pada Remaja Putri

--

Oleh : Surti Anggraeni, S.Kep., M.Kes*

REMAJA merupakan golongan usia individu yang dapat dikatakan sebagai golongan usia transisi yaitu di antara golongan bukan golongan dewasa namun juga bukan golongan usia anak-anak (Sinaga., et al, 2017). 

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) rentang usia remaja adalah 10-24 tahun dan belum menikah (Kementrian Kesehatan RI, 2015). 

Remaja memasuki usia pubertas mulai mengalami banyak perubahan fisik maupun psikologis, salah satu perubahan tersebut yaitu ketika memasuki masa menstruasi atau haid, memasuki periode menstruasi remaja sering kali mengalami masalah, masalah yang sering timbul dan yang paling banyak dialami remaja adalah gangguan nyeri menstruasi atau dismenore (Jama, 2020). 

BACA JUGA:Manfaat Stimulus Pijat Endorphin, Oksitosin dan Sugestif untuk Meningkatkan Produksi ASI

Dismenore merupakan keluhan ginekologis akibat ketidakseimbangan hormon progesterone dalam darah sehingga mengakibatkan timbulnya rasa nyeri yang paling sering terjadi pada wanita (Andari., et al, 2018). 

Kombinasi antara peningkatan kadar prostaglandin dan peningkatan kepekaan miometrium menimbulkan tekanan intrauterus sampai 400 mm Hg dan menyebabkan kontraksi miometrium yang hebat. 

Atas dasar itu disimpulkan bahwa prostaglandin yang dihasilkan uterus berperan dalam menimbulkan hiperaktivitas miometrium.

BACA JUGA: Efisiensi Massage Woolwich dan Massage Marmet Mampu Meningkatkan Produksi ASI pada Ibu Nipas

Kontraksi miometrium yang disebabkan oleh prostaglandin akan mengurangi aliran darah, sehingga terjadi iskemia sel-sel miometrium yang mengakibatkan timbulnya nyeri spasmodic (Andari, 2018). 

Nyeri yang dirasakan seperti diremas-remas sebelum dan selama siklus menstruasi pada perut bagian bawah dan dapat menjalar ke pinggang sampai paha. Nyeri berlangsung selama 48-72 jam, dirasakan lebih nyeri pada hari pertama dan kedua menstruasi. (Harzif., et al, 2018). 

Dismenore adalah rasa nyeri yang muncul sewaktu menjelang haid atau pada saat menstruasi.

BACA JUGA:Konflik Lahan Perkebunan BUMN, Ancaman Kedaulatan Negara

Gejalanya di tandai rasa mulas atau sakit pada perut bagian bawah sampai ke pinggang dan paha (Adiguna, 2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: