Selama 12 Hari, Polres OKU Gelar Operasi Lilin Musi 2023

Selama 12 Hari, Polres OKU Gelar Operasi Lilin Musi 2023

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Musi 2023. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Polres OKU menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2023 yang berlangsung di halaman apel Mapolres OKU, Kamis, 21 Desember 2023 sekitar pukul. 08.00 WIB.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2023 tersebut dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Operasi Lilin Musi 2023 akan dimulai selama 12 hari terhitung mulai 22 Desember 2023 sampai dengan 02 Januari 2024.

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono saat memimpin upacara gelar pasukan tersebut menyampaikan amanat dari Kapolri bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

BACA JUGA:Polres OKU Siap Sukseskan Pemilu 2024

BACA JUGA:Polres OKU Ajak Pelajar Jadi Duta Keselamatan Berlalulintas

"Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan dan harus dipersiapkan. Utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok," tegas Kapolres.

Selain itu perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu kata Kapolres, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stekholder terkait menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023”.

BACA JUGA:Belum Genap Dua Bulan, Kasatreskrim Polres OKU Dimutasi

BACA JUGA:Polres OKU Sosialisasi Aplikasi Yanduan Ke Masyarakat

Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-POLRI serta stekholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 Pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Untuk Polres OKU sendiri akan mendirikan 4 Pos yang terdiri dari 2 pos pengamanan (Pos Pam) dan 2 pos pelayanan (Posyan). 2 pos pam akan ditempatkan di Citymall dan di objek wisata Gua Puteri. Sedangkan Posyan akan disiagakan di Tanjung Pura Pengandonan dan SPBU Simpang Trans Batumarta.

Kapolres menambahkan, pada Operasi Lilin tahun ini, pihaknya diperkirakan akan menurunkan 85 personil. Ditambah dari pihak eksternal. Seperti TNI, Dishub, Satpol PP dan lainnya. "Seluruh polsek-polsek juga kami siagakan semuanya untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan Operasi Lilin,” tandasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: