11 Desa di OKU Dukung Gerakan SBS

11 Desa di OKU Dukung Gerakan SBS

11 desa di Kabupaten OKU mendeklarasikan gerakan Foto: Eko/PalposSBS.--

BATURAJA, PALPOS.ID - Sebanyak 11 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyatakan dukungan dalam gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), terutama di sungai untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Ada 11 desa di OKU yang mendeklarasikan gerakan SBS sebagai bentuk dukungan untuk tidak membuang air besar sembarangan," kata Kepala Dinas Kesehatan OKU, Deddy Wijaya, Minggu 31 Desember 2023.

Dia mengatakan, 11 desa tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU antara lain Desa Lengkayap, Kecamatan Lengkiti, Pengandonan, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur, Lubuk Batang, dan Peninjauan.

BACA JUGA:Pemkab OKU Bangun Pasar Rakyat di Desa Tungku Jaya

BACA JUGA:Pemkab OKU Jaga Harga Kebutuhan Pokok Agar Tetap Stabil

Menurut dia, sejauh ini dari 157 desa yang ada di Kabupaten OKU, sebanyak 100 desa diantaranya sudah mendeklarasikan gerakan SBS seperti Desa Lubuk Batang Lama, Karta Mulia, Karang Endah, Kepayang, Fajar Jaya, Ujan Mas, Marta Jaya, Desa Ulak Pandan, Kelurahan Sukaraya, Sekarjaya dan Air Paoh.

"Tahun lalu sebanyak 89 desa sudah mendeklarasikan SBS sehingga total saat ini 100 desa. Untuk desa-desa lainnya diupayakan menerapkan hal yang sama pada 2024," katanya.

Dia menjelaskan, SBS merupakan gerakan yang mendesak untuk dilaksanakan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat dengan cara membuat jamban keluarga berikut sumber air bersih sehingga tercipta lingkungan yang benar-benar bebas dari penyakit.

BACA JUGA:Pemkab OKU Salurkan Bantuan Air Bersih Gratis

BACA JUGA:Pemkab OKU Gelar Gerakan Pangan Murah

Dalam gerakan ini, kata dia, masyarakat diajak agar stop membuang air besar di sembarang tempat seperti di sungai untuk menjaga lingkungan sekitar supaya tetap bersih sehingga dapat terhindar dari penyebaran penyakit menular.

Selain itu, dengan stop membuang air besar sembarangan juga tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan sebagai air baku air minum atau untuk kebutuhan sehari-hari.

Kemudian, dengan membuang hajat pada tempatnya pun tidak akan mengundang serangga dan binatang yang dapat menyebarluaskan bibit penyakit menular berbahaya ke tubuh manusia.

Ia berharap melalui gerakan SBS ini dapat mengedukasi masyarakat agar membuat jamban sendiri sehingga tidak membuang air besar di sungai yang dapat mencemari lingkungan sekitar. "Target kami pada 2024 nanti seluruh desa di OKU ikut serta menyatakan dukungan dalam gerakan SBS untuk diterapkan di lingkungan masing-masing," ujarnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: